Terapi Metadon Sembuhkan Pecandu Narkoba

JAKARTA–MICOM: Penggunaan narkotika dan zat adiktif suntik akhir-akhir ini mengalami peningkatan pesat. Pemerintah dan segenap aparatnya tak berhenti memeranginya. Salah satu strategi pengurangan dampak penggunaan adalah Program Terapi Rumatan Metadon (PTRM).

Metadon adalah sejenis heroin sintetis. Penggunaannya dengan cara diminum. Dengan PTRM, orang yang pernah kecanduan narkoba secara bertahap akan melupakan zat mematikan itu.

Pecandu narkoba minum methadon

Meski terapi yang telah dimulai sejak tahun 2003 itu tidak terbilang baru, belum banyak rumah sakit di Ibu Kota membuka layanan rehabilitasi bagi pecandu narkoba. Salah satu rumah sakit yang memiliki terapi tersebut adalah RS Fatmawati.


Satu dari sejumlah kiat yang selama ini dikembangkan pemerintah, seperti konseling, kegiatan psikososial, dan program pemeriksaan medis, memiliki tingkat kegagalan paling kecil yakni 1 persen. Sementara terapi lain, tingkat kecanduan kembali mencapai 70 persen.

Terapi metadon terbukti cukup efektif. Ini dibuktikan oleh pasangan suami-isteri Budi Setiawan, 31, dan Turyati, 27. Warga Kemayoran Jakarta Pusat itu mengaku menjalin hubungan mesra dengan narkoba sepanjang 12 tahun. “Saya sudah sempat merasa putus asa. Ingin sembuh, tapi sulit. Beruntung, saya dan isteri didorong oleh keluarga untuk ikut terapi PTRM” kata Budi di Jakarta, Rabu (23/3). (*/OL-8)

sumber : http://www.mediaindonesia.com/read/2011/03/24/212620/36/5/Terapi-Metadon-Sembuhkan-Pecandu-Narkoba

NB: Kalau tidak salah, di Surabaya terapi metadon ini bisa dilayani di RSU dr. Soetomo, RSJ Menur dan  Puskesmas Manukan

ARTIKEL TERKAIT

CARA BERHENTI SENDIRI MEMAKAI ATAU MENGGUNAKAN NARKOBA DENGAN TERAPI BINNIYAT MAANAWA

Konseling Terpadu Pemulihan Pecandu Narkoba

PUSAT REHABILITASI NARKOBA

PANTI REHABILITASI NARKOBA LIDO BOGOR

GALERI 08 – KUNJUNGAN KE UNIT REHABILITASI BNN DI LIDO BOGOR

PUSAT TERAPI NARKOBA

Terapi Metadon Sembuhkan Pecandu Narkoba

Tidak Dikriminalkan, Pecandu Narkoba Direhabilitasi

MENGAPA BANYAK ARTIS YANG MENGGUNAKAN ATAU MEMAKAI NARKOBA

UNDANG-UNDANG NOMOR 35 TAHUN 2009 TENTANG NARKOTIKA

5 comments on “Terapi Metadon Sembuhkan Pecandu Narkoba

    • baiknya anda konsultasi dgn keluarga sebaiknya adik anda d ti2p k panti rehabilitasi yg menurut anda programnya bagus,krn dgn penggunaan putauw itu proses sembuhnya tdk akn bs tnpa pemutusan zat tsb dan itu prosesnya tdk cepat,butuh wkt min 9 bln bahkna brtahun2.

  1. adik sy pemakai sabu-sabu kalau tdk salah lbh krng 5 thn.sifatnya skrg,penuh dgn kecurigaan,tdk ada sopan trmasuk kpd ortu dan mertuanya,tdk perduli kpd istri,ank jg smua keluarga besar,pemarah,shg km takut brhadapan dgnnya aplg istrinya.takut kalau2 dia tiba2 membunuh.kalau dia cerita,bisa tiba2 menangis,tiba2 marah dgn suara yg kasar.km smua sdh menjauh drnya.apa yg hrs kami perbuat utk memulihkannya?

  2. Assalamualaikum…adik saya dahulunya ( sekitar 7 tahun yg lalu ) adalah pemakai narkoba, semua nya pernah dipakai seperti ganja,putaw, shabu, extacy, dan yg terakhir menghisap lem. Tapi sejak lima tahun belakangan dia gak pernah makai barang2 haram itu lagi, dan selama 7 tahun itu ortu saya bolak balik mengobati dia agar sembuh. Dan dia harus selalu di beri obat dari dokter karna kalau putus obat perilakunya akan berubah dan seringkali mengamuk gak jelas, seperti orang gila dan sering ngomong sendiri. Sampai sekarang dia masih rutin minum obat, tetapi dia gak punya keinginan atau hasrat kedepan, yg penting bagi dia duit dan makan, kalau gak dipenuhi dia pasti ngamuk. Maaf gimana solusinya, apa yg seperti dia bisa dibawa ke LIDO. TERIMA KASIH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s