Narkoba dan Makna Kasih Sayang

Narkoba dan Makna Kasih Sayang

Begitu mendengar kata ‘narkoba’,sebagian orang mungkin langsung membayang kan makna ‘kasih sayang’. Sebab selama ini memang berkembang mitos bahwa kecanduan narkoba dikalangan remaja merupakan akibat kurangnya kasih sayang dan perhatian orangtua. Tapi benarkah hilangnya kasih sayang orangtua selalu menjerumuskan seseorang pada jurangnarkoba?

Mungkin anggapan ini ada benarnya. Namun, hasil penelitian Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) menunujukkan bahwa kasih sayang bukanlah penyebab utama. Penelitian yang dilakukan sejak Agustus 2000 hingga maret 2002 ini justru menempatkan ‘rasa penasaran’ pada tempat teratas faktor-faktor penyebab seseorang kecanduan narkoba: 48 persen. Urutan berikutnya ditempati oleh ‘bujuk rayu’ alias ‘pengaruh teman’ (32 persen), ‘masalah keluarga’ (10 persen), dan ‘frustasi’ atau ‘stress’ (delapan persen). Penelitian terakhir YCAB, menurut Dirut YCAB Veronica Colondam, bahkan menunjukkan sebagian besar ibu ynag menjadi pecandu narkoba adalah para ibu rumahtangga bukan pekerja. Dari penelitian yang mengambil 700 responden pencandu narkoba sejabotabek ini, diketahui pula bahwa 68 persen orang tua pecandu narkoba adalah para ibu rumahtangga.

Satu lagi hasil penelitian YCAB yang cukup mengelitik kita adalah bahwa dari 3700 responden berumur 12-19 tahun di 10 kota besar di Indonesia terdapat delapan persen yang telah mencobab narkoba. Satu dari empat remaja ini meneruskan kebiasaan nge-drugnya.

Sebanyak 60 persennya memulai memakai narkoba dari ganja dari 76 persennya berkakhir denganmengkonsumsi putaw. Dengan hasil penelitian seperti ini bukan berarti kasih sayang diabaikan begitu saja dalam memerangi narkoba. Rasa penasaran tumbuh karena adanya pengertian dan pengetahuan yang salah dari anak akan narkoba. Peran perhatian orangtua dan keluarga dalam mentransfer pengetahuan untuk menghilangkanbias rasa penasaran justru dinilai sangat penting.

Bahkan bagi Putri Indonesia 2002 Melanie Putria Dewitasari, kasih sayang sangat penting terutama dalam mengobati pecandu. Seorang kerabat atau keluarga yang mengkonsumsi narkoba, menurutnya, tak perlu disingkirkan atau diacuhkan dalam keluarga yang mengkonsumsi narkoba, menurutnya , tak perlu disingkirkan atau diacuhkan dalam keluarga. Justru sebaliknya, raih dan rangkullah mereka dengan kasih sayang untuk sembuh. “Ada orang yang malu kalau anaknya kecanduan narkoba, terus diusir begitu saja,“ kata Melanie.”Seharusnya beri perhatian sepenuhnya. Di samping pengobatan secara fisik, ketenangan batin juga penting.”

Kasih akan menjadi ruh dalam upaya pencegahan dan penanggulangan dalamkonteks ini. Kasih sayang dan ikatan emosional juga merupakan kunci dalam membentuk komunitas bebas narkoba. Namun sebaliknya, ikatan emosional sesame rekanjuga akan membawa seseorang terjerumus dalam lembah narkoba.

Bila kasih sayang menjadi rumit dan klise, kata aktivis Addiction Alert Organization Jamaika, Gihon Mitchell, benteng diri menjadi penting. “Memerangi narkoba sama saja dengan berperang melawan diri. Jangan samapi sekali pun kita mencoba. Sekali mencoba, terbawa selamanya,” jelasnya.

(Harian Republika, Minggu 8 September 2002)

ARTIKEL TERKAIT 

Cara Berhenti Memakai (Rehabilitasi) Narkoba Dengan Terapi Binniyat Maanawa

Konseling Terpadu Pemulihan Pecandu Narkoba

PUSAT REHABILITASI NARKOBA

PANTI REHABILITASI NARKOBA LIDO BOGOR

Apa Yang Terjadi Bila Anak Anda Terlibat Narkoba?

Gejala Dini Penyalahgunaan Narkoba Pada Anak Remaja / Sekolah

Narkoba dan Makna Kasih Sayang

Toga dan Tomas Harus Menjadi Teladan Berantas Penyalahgunaan Narkoba di Masyarakat

CIRI-CIRI PERILAKU PECANDU DI RUMAH & SEKOLAH

DAMPAK NARKOBA

EFEK SAMPING & CIRI – CIRI PECANDU NARKOBA

JENIS-JENIS NARKOBA

Kamus NARKOBA

Mengenali Ciri-Ciri Pecandu Narkoba

MENGAPA BANYAK ARTIS YANG MENGGUNAKAN ATAU MEMAKAI NARKOBA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s