Vokasional Musik Sebagai Penunjang Terapi dan Rehabilitasi di UPT T&R BNN

Dalam pelaksanaan rehabilitasi di Unit Pelaksana Terapi dan Rehabilitasi BNN, disamping menjalani terapi medis dan terapi sosial para residen (pecandu yang sedang dalam masa rehabilitasi) juga mendapatkan satu kegiatan vokasional seni, salah satunya seni musik. Kegiatan vokasional seni musik ini sebagai penunjang kegiatan sosial para residen yang diharapkan bisa membantu residen dalam proses recovery yang mereka jalani selama berada di UPT T&R BNN.

Para residen yang memiliki bakat seni musik akan dibimbing oleh instruktur seni agar bakat dan minat yang mereka miliki bisa dikembangkan ataupun disalurkan untuk membantu proses recovery mereka.

Namun disamping untuk menyalurkan bakat dan minat, kegiatan vokasional musik ini juga bisa dijadikan sarana hiburan residen bagi para setelah seharian mereka menjalani proses terapi community dari para konselor. Para residen biasanya mendapatkan satu penyegaran setelah mereka bermain musik ataupun kegiatan hiburan lainnya.

Kegiatan vokasional musik ini dilaksanakan selama 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Setiap latihan dilaksanakan selama kurang lebih dua jam. Para residen yang berminat akan didata untuk kemudian dibagi dalam beberapa grup musik. Kemudian dari grup yang telah dibentuk ini akan dibimbing oleh para instruktur seni, dan bagi residen yang telah memiliki ketrampilan diatas residen yang lain- dalam hal ini ketrampilan bermain musik- mereka akan diseleksi untuk kemudian dibimbing agar kemampuan bermain mereka bisa dipertunjukkan dalam event-event atau kegiatan seperti perayaan Hari Anti Narkotika Internasioanl (HANI), Kunjungan-kunjungan resmi, Festival seni dan Perayaan Hari Besar Keagamaan ataupun kegiatan lain yang masih berhubungan dengan proses rehabilitasi mereka. Meski residen tidak diarahkan menjadi pemusik profesional, namun setidaknya residen telah  dibekali ketrampilan vokasional selama menjalani proses rehabilitasi sebagai wujud pembinaan yang dilakukan pemerintah dalam upaya melaksanakan P4GN.

Untuk itu pihak UPT T&R BNN telah menyediakan fasilitas untuk mereka berupa studio musik beserta semua peralatan dan perlengkapan musik yang diperlukan untuk berlatih selama mereka menjalani proses rehabilitasi di UPT T&R BNN. Peralatan musik modern yang telah disediakan di UPT T&R BNN Lido antara lain adalah studio musik, studio rekaman, beberapa set alat musik band. Namun disamping peralatan musik modern tersebut terdapat juga peralatan musik tradisional seperti angklung dan kulintang.

Dalam pertunjukan musik yang telah dipentaskan selama ini, para residen telah menyuguhkan lagu-lagu daerah untuk menunjukkan keberagaman budaya yang dimiliki bangsa Indonesia dan lagu-lagu populer baik lagu-lagu lokal maupun lagu-lagu barat. Disamping itu residen juga telah menciptakan lagu untuk mengekspresikan suasana hati mereka selama menjalani proses rehabilitasi di UPT T&R BNN.

Selain kegiatan musik, setiap pagi menjelang kegiatan Morning Meeting para residen menyanyikan lagu Bagimu Negeri karya Kusbini untuk memupuk rasa Nasionalisme mereka, bahwasanya agar mereka memiliki rasa nasionalisme sehingga tumbuhlah semangat residen untuk menjalani proses rehabilitasi. Kemudian di malam hari setelah Wrap Up, sebagai penutup kegiatan maka para residen menyanyikan lagu Syukur sebagai ungkapan terima kasih para residen kepada Tuhan atas karuniaNYA sehingga para residen bisa menjalani terapi dan rehabilitasi agar mereka bisa terlepas dari ketergantungan terhadap narkoba. (RDT)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s