10 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Ganja

10 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Ganja

1. Memakai ganja adalah perbuatan melanggar hukum. Kamu akan sulit mendapatkan pekerjaan jika pernah dihukum.
2. Ganja bebahaya. Menghisap ganja meningkatkan resiko kanker dan kerusakan paru-paru. Juga menyebabkan panik, cemas, dan ”parno” (perasaan yang seperti dikejar orang).
3. Ganja mengurangi kemampuan melakukan aktivitas. Yang membutuhkan koordinasi dan konsentrasi, seperti olah gara, menari, latihan drama, dan belajar.
4. Memakai ganja mengurangi penilaian orang lain terhadap dirimu. Coba pikir jika kamu berpakaian rapi lalu ada ganja di tanganmu, apa yang kamu lakukan?
5. Ganja membatasi dirimu. Ganja mengganggu sekolahmu, hubunganmu dengan keluarga dan kehidupan sosial.
6. Ganja mengganggu cara berfikir dan menilai sesuatu. Hal ini sangat mengundang resiko, seperti kecelakaan, dan kekerasan.
7. Menghisap ganja tidak menjadikanmu keren (cool). Justru sebaliknya, penampilanmu lusuh.
8. Ganja menyebabkan ketergantungan. Kamu merasa selalu membutuhkan ganja, dan sulit melepaskan diri darinya.
9. Menghisap ganja bukan menyelesaikan masalah. Ganja tidak akan menyelesaikan masalah, bahkan masalah akan lebih berat, karena kamu tidak berusaha mencari penyelesaiannya. Bicarakan masalahmu dengan orang lain yang kamu percayai. Jangan percaya kepada orang yang berkata, bahwa ganja tidak berbahaya atau akan menjadikan hidupmu lebih baik.
10. Tidak semua orang memakai ganja. Kamu tidak membutuhkannya. Jika kamu pikir, semua orang memakai ganja, kamu keliru di Amerika Serikat lebih dari 80% remaja 12-17 tahun belum pernah memakai ganja. Ganja tidak menjadikanmu bahagia, popular atau dewasa. (RQ@DATIN).

Sumber : “Buku ADVOKASI PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA, BNN-RI 2009”.

 

ARTIKEL TERKAIT 

Cara Berhenti Memakai (Rehabilitasi) Narkoba Dengan Terapi Binniyat Maanawa

Konseling Terpadu Pemulihan Pecandu Narkoba

PUSAT REHABILITASI NARKOBA

PANTI REHABILITASI NARKOBA LIDO BOGOR

4 comments on “10 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Ganja

  1. maaf, saya bisa minta artikel atau jurnal penelitian mengenai pernyataan nomor 2 dan nomor 6 diatas? soalnya mau bikin Essay mengenai bahaya ganja. trims

  2. 1. berart hukumnya yang membuat sulit mendapat kerja,bkan ganjanya
    2. ganja justru menyembuhkan kanker dan banyak lagi penyakit lain,tidak percaya ? google,cari tau. dan yang membuat parno itu malah hukumnya.
    3. siapa bilang ? ganja terbukti meningkatkan daya kreatifitas,sudah banyak penelitian yang membuktikan,tidak percaya google.
    4. aku akan menghisapnya,lebih jelek mana orang yang rapi tapi korupsi ?
    5. tentu tidak,tak ada satu orang pun pengguna ganja menjadi orang yg penyendiri,pengguna ganja adalah org paling bijak dalam berbicara,cenderung sebagai penengah.
    6. pengguna ganja justru orang yang lebih berhati hati dalam berkendara,lebih awas dan lebih fokus. kekerasan ? pernah liat orang menghisap ganja lalu berkelahi dijalan,?
    7. siapa bilang pengguna ganja lusuh ? kami tampil lebih apa adanya,tidak seperti mereka yg berpakaian rapi di senayan sana bukan ?
    8. anda salah besar,justru candu nikotin pada rokok lebih besar, candu anda akan harta lebih besar,
    candu alkohol lebih besar, saya pribadi bisa tahan tidak menghisap ganja selama 1 atau 2 bulan bahkan lebih,tapi saya yakin tak satu haripun anda lewatkan tanpa membeli rokok,dan mecari uang,
    jadi persepsi candu yg manakah yang dimaksud terhadap ganja.
    9. justru ganja bisa memberikan pola pikir yang lebih baik dan tenang,tak satu orang pun melakukan kekerasan setelah menggunakan ganja.
    10. mereka takut memakai bukan karna ganjanya,melainkan hukum itu sendiri,hukum yang menggolongkan menggunakan ganja adalah tindak pidana,

    kesimpulannya anda adalah orang memakan mentah mentah setiap perkataan orang lain,tidak pernah mencari tahu,korban doktrinisasi,sungguh sangat memprihatinkan.
    dan saya yakin anda tidak pernah memakai ganja 1 kalipun,jadi persepsi anda hanya berdsasarkan persepsi orang lain,menyedihkan bukan.
    kami tidak akan myerah memperjuangkan legalisasi ganja medis.
    jutaan orang akan terobati.

  3. Kenalanku ,, Maestro pemain Cello lulusan cumme laude G.Verdi pengisap ganja … Tpi dia sekarang jadi Bos dan punya sekolah musik klasik …. Adaa lagi temenku orang Cina-Indo ,, dia pernah konsumsi ganja di negara lain tapi emang di indo dia gak mau soalnya takut dihukum…. Dan dia sekarang juga seorang Bos dan Ahli IT. Otaknya encer …. Dan nggak kayak orang2 yg konsumsi inex/lele ataupun alkohol oplosan … Soalnya kebanyakan dari orang2 yg konsumsi alkohol kadar tinggi n membahayakan apalagi inex, malah jdi lebih galau n suka menyendiri n ngomong ngelantur gx jelas … Aku jugs punya temen preman doyan ngedrugs n mabuk2an …. Kenalanku banyak yg sukses … N banyak yg amburadul …. Itu semua karna aku pengen tau penilaian mereka ttg narkotika. N juga efeknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s