PANTI REHABILITASI NARKOBA LIDO BOGOR

Berdasarkan data  prevalensi penyalahguna Narkoba di Indonesia telah mencapai 1,99 % dari total populasi penduduk atau sekitar 3,6 juta jiwa. Delapan puluh enam persen penyalahguna Narkoba berada pada usia produktif. Upaya penanggulangan penyalahgunaan Narkoba bersifat komprehensif. Bagi pecandu atau penyalahguna, Undang-Undang telah memberikan hak-hak bagi mereka untuk mendapatkan rehabilitasi medis dan sosial. Saat ini Badan Narkotika Nasional memiliki sebuah panti rehabilitasi berkapasitas 500 residen atau pecandu yang terletak di Lido Bogor.

Di pusat rehabilitasi ini tersedia fasilitas seperti olahraga, pusat keterampilan hingga kegiatan sosial yang berdiri di atas tanah seluas 112.000 m2.

Ada tahapan-tahapan yang akan dilalui pasien yang baru masuk hingga akhirnya dinyatakan sembuh total. Tiga tahapan yang dimaksud adalah tahapan Healing, Revolution dan Transformation. Tahapan pertama, pasien akan menjalani detoksifikasi atau putus zat dengan terapi simptomik secara berkelanjutan selama satu bulan. Setelah itu, residen akan menjalani program primary selama 6 bulan. Yakni dengan pola Rehabilitasi sosial dengan therapeutic community (TC). Selanjutnya, program TC Lanjutan terapi vokasional dan resosialiasi selama 5 bulan. Setelah menjalani 1 tahun program, residen masih dilakukan pemantauan. Jika sudah dinyatakan sembuh, maka akan dikembalikan keluarganya masing-masing dengan sebelumnya menjadi tiga tahapan yang di sebut dengan program Back to family.

Metode yang digunakan untuk memulihkan pecandu adalah medis, sosial, therapeutic community (terapi berbasiskan komunitas), religi, akupuntur, dan hipnoterapi. Panti rehabilitasi ini tidak memungut biaya bagi para penyalahguna Narkoba yang akan berobat atau gratis. Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat menghubungi CALL CENTER BNN di nomor 021-80880011, SMS CENTER BNN 081 221 675 675 atau UPT T&R BNN di nomor 0251 – 822 0928 dan fax (0251) 8220875. Atau bisa mengirim email ke upt_tr_bnn@yahoo.com..

Kriteria residen (pecandu) yang dapat menjalani rehabilitasi di UPT Terapi dan Rehabilitasi BNN :

UNTUK BACA KELANJUTANNYA, KLIK TULISAN DI BAWAH INI
1. Calon residen merupakan pengguna Narkoba aktif dengan pemakaian terakhir kurang dari 12 bulan. Jika terakhir mengkonsumsi Narkoba lebih dari 3 bulan, wajib melampirkan surat keterangan dokter yang menerangkan bahwa yang bersangkutan adalah pengguna Narkoba.
2. Berusia 15 – 40 tahun. Jika berusia kurang dari 15 tahun hanya menjalani detoksifikasi dan entry unit.
3. Tidak sedang hamil (pada calon residen wanita)
4. Tidak menderita penyakit fisik (diabetes, stroke, jantung) maupun psikis yang kronis (yang dapat mengganggu pelaksanaan program)
5. Calon residen datang dengan didampingi orang tua/wali
6. Bagi residen yang menjalani rehabilitasi karena putusan pengadilan, wajib melampirkan salinan putusan.
7. Calon residen yang menjalani rehabilitasi karena berdasar pada Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) Nomor 4 Tahun 2010, harus didampingi oleh pihak pengadilan.

Ketentuan Rehabilitasi :

1. Masa pembinaan residen selama 6 (enam) bulan meliputi detoksifikasi, entry unit, primary, dan re-entry.
2. Selama masa detoksifikasi dan entry unit, residen tidak dapat dikunjungi oleh pihak keluarga.
3. Residen baru dapat dikunjungi setelah memasuki fase primary dan re-entry
4. Apabila residen melarikan diri dari tempat rehabilitasi dan kembali ke keluarga, maka keluarga wajib menginformasikan kepada UPT T&R BNN dan mengantar kembali untuk melanjutkan proses rehabilitasi.

Persyaratan Masuk

Residen datang dengan didampingi anggota keluarga dan membawa :

A. Perlengkapan administrasi
1. Foto copy kartu keluarga.
2. Foto copy KTP calon residen (pasien) dan orang tua.
3. Pas foto 4 x 6 sebanyak 2 lembar.
4. Materai Rp. 6.000,- sebanyak 2 lembar.
5. Bagi residen yang menjalani rehabilitasi karena putusan pengadilan, wajib melampirkan salinan putusan.

B. Perlengkapan (Pria)

1. Pakaian : (1). Celana pendek 3/4 (di bawah lutut) sebanyak tiga buah, (2). Pakaian dalam sebanyak enam buah.
2. Perlengkapan ibadah.
3. Peralatan mandi dan cuci : (1). Handuk 1 buah, (2). Sabun mandi (batang) 2 buah, (3). Sikat gigi 1 buah, (4). Pasta gigi 1 buah, (5). Shampo (sachet) 10 buah, (6). Rinso (sachet) 2 buah.
4. Kebutuhan pribadi : (1). Snack berupa susu sachet dan makanan ringan (tidak dalam bentuk kaleng), (2). Rokok 19 bungkus (bagi yang merokok).

C. Perlengkapan (Wanita)

1. Pakaian : (1). Celana pendek 3/4 (di bawah lutut) sebanyak tiga buah, (2). Pakaian dalam sebanyak enam buah.
2. Perlengkapan ibadah.
3. Peralatan mandi dan cuci : (1). Handuk 1 buah, (2). Sabun mandi (batang) 2 buah, (3). Sikat gigi 1 buah, (4). Pasta gigi 1 buah, (5). Shampo (sachet) 10 buah, (6). Rinso (sachet) 2 buah.
4. Kebutuhan pribadi : (1). Snack berupa susu sachet dan makanan ringan (tidak dalam bentuk kaleng), (2). Rokok 10 bungkus (bagi yang merokok).

untuk melihat galery foto tentang PANTI REHABILITASI NARKOBA LIDO BOGOR klik link dibawah ini

GALERI 08 – KUNJUNGAN KE UNIT REHABILITASI BNN DI LIDO BOGOR

Pesan Admin

Silahkan tinggalkan komentar, pertanyaan, pendapat, atau curahan hati. Kami akan berusaha untuk menanggapi setiap komentar yang ada. Partisipasi Anda akan sangat berarti bagi kelangsungan dan pengembangan blog ini. Terima kasih.

ARTIKEL TERKAIT

CARA BERHENTI SENDIRI MEMAKAI ATAU MENGGUNAKAN NARKOBA DENGAN TERAPI BINNIYAT MAANAWA

Konseling Terpadu Pemulihan Pecandu Narkoba

PUSAT REHABILITASI NARKOBA

PANTI REHABILITASI NARKOBA LIDO BOGOR

GALERI 08 – KUNJUNGAN KE UNIT REHABILITASI BNN DI LIDO BOGOR

PUSAT TERAPI NARKOBA

Terapi Metadon Sembuhkan Pecandu Narkoba

Tidak Dikriminalkan, Pecandu Narkoba Direhabilitasi

MENGAPA BANYAK ARTIS YANG MENGGUNAKAN ATAU MEMAKAI NARKOBA

UNDANG-UNDANG NOMOR 35 TAHUN 2009 TENTANG NARKOTIKA

55 comments on “PANTI REHABILITASI NARKOBA LIDO BOGOR

    • Sy pecandu narkoba dan skrng sdng menjalani proses hkum dipolsek. Sy ingin masuk rehap tp tdk tw langkah prosesnya. D
      Yg mau sy tanya :
      1, Ap ad biaya (sy tdk ad biaya lbh dr 10jt.
      2. Prosesnya bgmana kalo sy msh dipolsek?

      Tolong direply keemail sy ,thanks

    • assalamualaikum..
      saya mau menginformasikan bahwa didaerah saya sangat banyak pecandu aktif narkoba termasuk kakak saya…sampai sekarang pengedar belum tertangkap..saya mohon, BNN membantu kami dalam memberantas narkoba…karena sudah sangat mengkwatirkan.alamat daerah saya kecamatan pucuk rantau,kuantan singingi,riau

  1. adik saya saat ini sedang dalam proses hukum dan mendekam di polsek sudah 3 minggu.surat penangkapan adik saya adalah membawa,menguasai dan memiliki narkotika.dan dia jg pengguna narkoba aktif kurang lebih sdh 10 th.yg ingin sy tanyakan…bisakah adik saya direhabilitasi di lido tanpa masuk ke penjara cipinang?

    • Setiap warga negara yang menjadi Pecandu dan korban Penyalahgunaan Narkoba, berhak mendapatkan fasilitas rehabilitasi dari pemerintah, daftar rehabilitasi melalui yayasansembilan.com

  2. kakak saya lebih ke pecandu alkohol walopun sesekali nginex jg, bisakah ikut rehab dsini? krn psikis dan perilakunya sdh tdk terkontrol, padahal dia seorang ibu yg sharusnya bisa mjd contoh yg baik utk anaknya. teguran dari kami sdh tdk digubrisnya lg, kami butuh pihak lain utk memulihkan kondisi psikisnya. namun kami khawatir bila dia tdk mau direhab, krn sptnya dia tdk merasa barsalah. bisa bantu kami mencari solusinya?

  3. saya mahasiswa yang sedang ingin menyusun proposal skripsi, saya mau bertanya apa boleh saya meneliti para residen di panti rehabilitasi lido tentang pola interaksi sesama residen dan keberagamaannya? besar harapan saya untuk di ijinkan, terima kasih

  4. Saya ingin menolong sepupu saya ( dari keuarga kurang mampu ) ayahnya dirawat di RSJ ibunya bekerja sendirian,sepupu saya ketagihan putau bagaimana proses administrasi untuk keluarga yang kurang mampu,terimakasih

  5. Ass.wr.wb..

    saya ingin bertnya,
    kegiatan apa saja yang dilakukn di LIDO bogor ini ?
    dan siapa saja yang berperan didalam LIDO bogor ini, maksudnya dokternya,serta pembimbing2 lainnya .

    terima kasih..

  6. adik ku cwo 18 thn sudah beberapa bulan ini kecanduan ngelem skrg dia sdh bnr-bnr addict aibon. jd dirumah suka marah-marah bahkan ngamuk banting brg klo tdk diberi uang untuk ngelem. alhasil skrg dia jd tmbh menggila saja kelakuannya bahkan mengganggu org di luar rmh. bs kah dia di obati di panti rehabilitasi narkoba walaupun dia bkn pecandu narkoba tp skpnya hmpr sama dgn pecandu narkoba. thx…

  7. mau tanya, kapan waktu mendaftarnya? dan apa saat mendaftar bisa langsung masuk rehabilitasi setelah semua syarat di bawa saat hari pendaftaran?? trims..

  8. Salam, saya dan teman-teman mempunya Forum pengajian, bagaimana kalau kami ingin mengadakan kunjungan ke Lido bogor untuk Silaturrahmi dan mendapatkan penjelasan & berinteraksi dengan para Pasien…Terima Kasih…

  9. selamat sore..
    saya mahasiswa tugas akhir asal sumatera yg ingin studi banding ke pusat rehabilitasi BNN di lido ini.. saya sudah mengirimkan email namun sepertinya emailnya tdk berlaku. apakah ada alamat email lain atau adakah kontak yg bisa saya hubungi untuk meminta izin survey disana?
    mohon dengan sangat bantuan informasinya. terima kasih sebelumnya.

  10. Yth yeni, pada kasus adiknya ini, ybs harus menyelesaikan proses perskdangan Dan nanti dlm persidangan jika terbukti Bukan pengedar .mk y.bs akan dilakukan rehabilitaSi

  11. bila sudah masuk panti rehabilitasi LIDO ini, maka dalam waktu berapa lama pecandu yang sudah bersih dapat keluar? bebas menjalani kehidupan normalnya..

  12. adik saya laki-laki 31 tahun pengguna ganja-putauw-sabhu sejak 1992-pertengahan 2009, keluar masuk rehab karena gengsi ortu saya (terrakotta, yayasan kunci, wisma siloam, rs grhasia, rsj grogol). Addict-nya sejak 2009 akhir telah sembuh, tapi psikisnya (schizofrenia) masih ada (dg obat rutin zofrenal, thp), hepatitis C (udah ga muncul gejalanya), apakah dengan kondisi tsb.kira-kira bisa direhab sosial di lido ga? Atau apa saja syarat utk kondisi spt itu agar bisa rehab sosial di Lido? — thanks, jennny —

  13. permisi pak saya mau nanya mau penelitian kesana, udah dua minggu kmaren saya kirim surat pengantar saya melalui fax tp sampai sekarang blum ada informasinya kpn bisa saya penelitiannya…
    mohon infonya pak.
    terimakasih sebelumnya.

  14. Apakah keyakinan yg dianut menjadi ketentuan juga dlm proses rehabilitasi..??
    dan Apakah ada sarana pengembangan rohani bagi yg non-muslim di dlm panti rehabilitasi lido..?? Terimakasih.,

  15. maaf saya ANANG ABIDIN dari sum sel ingin sekali membuat yayasan rehambilitasi bagi penguna narkoba bagai mana cara dan apa persaratan nya tlg di jawab saya sangat butuh saran dan petujuknya

  16. alhamdulillah klw mang panti ini gratis,kasian adik saya baru duduk kelas 6 sudah pakai narkoba .dia pakai lem aibon,apa bisa adik saya di rehabilitasikan pak,dia baru berusia 13 tahun??

  17. Brapa lama masa waktu rehab?
    Ada yg bilang hanya 6 bulan bisa pulang, tp dsni 1tahun.
    Apa kalau se2org smbuh sblumwaktu yg ditentukan, bisa langsung dipulangkan? Gk harus menunggu 6 atau setahun? Tolong informasinya

  18. kalau pengguna nya tidak mau masuk untuk di rehab,tetapi keberadaan dy sudah meresahkan pihak keluarga, apakah bisa juga di rehabilitasi di lido, dengan diantar keluarga dalam keaadan terbius?
    mohon jawaban ya…

  19. untuk rehab di lido tidak di pungut biaya hanya memikirkan biaya pribadi dan kebutuhan pribadi, untuk rehab nya sendiri gratis. program 6bulan di lengkapi dgn fasilitas kesehatan gratis yg memadai.

  20. adik saya sudah pernah di rehab di rehabilitasi gadut padang sumatera barat. tapi setelah keluar beberapa bulan di makai termadol dengan dosis lebih…sering kejang-kejang lalu pingsan. Bisakah adik saya direhab di lido pada bulan ini secepatnya? apa benar gratis? kemudian jika dia tidak mau direhab…cara apa yang harus kita lakukan tanpa menyakitinya?
    terimakasih sebelumnya mas admin…

  21. Anak saya pecandu obat ( Narkoba ) sejak 5 tahun yang lalu.. saya ingin anak saya direhabilitasi disini, bagaimana caranya agar anak saya mau direhab.. krn anak saya jarang dirumah. tks.

  22. Adek saya ingin menjalani rehabilitasi dan sekarang ini kami tinggal di Malaysia. bagaimana caranya agar dpt masuk ke “PANTI REHABILITASI NARKOBA LIDO BOGOR”… Berapakah bayaran yang harus kami bayar untuk masuk ke panti tersebut?? tq

  23. Mohon seribu mohon minta info ya : Adik saya B’umur 20thn sekarang, sedang dalam proses hukum. 7hari jadi tahan polsek kronjo tangerang, di pindah ke runtan Jambe tigaraksa tangerang banten. Status penitipan tahan polsek kronjo tangerang udah 14hari di runtan jambee ,, karena ke bawa2 temen’y , di surat penahan pasal 127, dan dari hasil test urin pun negatif, bisa adik saya di rehabilitasi, tapa haruss di bui/ , Mohon gmana lanjutan

  24. Selamat siang..sy sriwahyuni..saya ingin bertanya..?saya memiliki seorang adik yg ketergantungan ganja,dan saya ingin adik saya sembuh dari ketergantungan obat trlarang itu,namun saya tidak memiliki biaya utk kesembuhan,posisi adik saya ada di aceh,dan saya sendiri berada di depok,sawangan,dapatkah saya membawa adik saya di tempat rehabilitasi ini..untuk biaya administrasi nya kira kira berapa ya….trimakasih sebelum nya..

  25. Setiap warga negara yang menjadi Pecandu dan korban Penyalahgunaan Narkoba, berhak mendapatkan fasilitas rehabilitasi dari pemerintah, daftar dan visit melalui yayasansembilan .com

  26. saya punya suami umur 38 tahun, lahir tahun 1977, pecandu narkoba jenis sabu ? rencananya saya dan keluarga mau membawanya ke pusat rehabilitasi, kalo bisa dalam bulan ini. apakah benar tidak dipungut biaya apapun ?

  27. jika saya langsung datang ke lido bogor membawa suami saya, bisa langsung diproses masuk rehabilitasi pada hari itu juga, dengan kata lain kami tidak perlu bolak balik ke rumah lagi setelah suami saya dititipkan di lido bogor ? mohon kejelasan alur prosedur penitipannya…..

  28. adik saya lagi menjalani hukuman nya, tapi sekitar bulan juni tahun ini bebas,adik saya sudah 2 kali masuk penjara dalam kasus yang sama, pertanyaan saya, apakah adik saya bisa direhap dan apakah ada syarat yang lain bagi yang sudah 2 kali menjalani hukuman

  29. saya dr sumatera ingin menanyakan bagaimana proses masuk ke pusat rehabilitasi. Apakah jika ingin masuk rehab disana perlu menghubungi pihak lido bogor terlebih dahulu?Apakah ini hanya berlaku untuk rehab di lido bogor?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s