EFEK SAMPING & CIRI – CIRI PECANDU NARKOBA

EFEK SAMPING & CIRI – CIRI PECANDU NARKOBA

Efek narkotika tergantung kepada dosis pemakaian, cara pemakaian, pemakaian sebelumnya dan harapan pengguna. Selain kegunaan medis untuk mengobati nyeri, batuk dan diare akut, narkotika menghasilkan perasaan “lebih membaik” yang dikenal dengan eforia dengan mengurangi tekanan psikis. Efek ini dapat mengakibatkan ketergantungan. tanda tanda fisik, dapat dilihat dari tanda – tanda fisik si pengguna, seperti :
1. mata merah
2. mulut kering
3. bibir bewarna kecoklatan
4. perilakunya tidak wajar
5. bicaranya kacau
6. daya ingatannya menurun

Ada pun tanda – tanda dini anak yang telah menggunakan narkotik dapat dilihat dari beberapa hal antara lain :
1. anak menjadi pemurung dan penyendiri
2. wajah anak pucat dan kuyu
3. terdapat bau aneh yang tidak biasa di kamar anak
4. matanya berair dan tangannya gemetar
5. nafasnya tersengal dan susuh tidur
6. badannya lesu dan selalu gelisah
7. anak menjadi mudah tersinggung, marah, suka menantang orang tua

Lalu bagaimana mengetahui bahwa anggota keluarga jadi pecandu obat terlarang itu? Mardan Sadzali memberikan ciri-ciri yang mudah diketahui pada pecandu narkoba.

• Pecandu daun ganja : Cenderung lusuh, mata merah, kelopak mata mengattup terus, doyan makan karena perut merasa lapar terus dan suka tertawa jika terlibat pembicaraan lucu.

• Pecandu putauw : Sering menyendiri di tempat gelap sambil dengar musik, malas mandi karena kondisi badan selalu kedinginan, badan kurus, layu serta selalu apatis terhadap lawan jenis.

• Pecandu inex atau ekstasi : Suka keluar rumah, selalu riang jika mendengar musik house, wajah terlihat lelah, bibir suka pecah-pecah dan badan suka keringatan, sering minder setelah pengaruh inex hilang.

• Pecandu sabu-sabu : gampang gelisah dan serba salah melakukan apa saja, jarang mau menatap mata jika diajak bicara, mata sering jelalatan, karakternya dominan curiga, apalagi pada orang yang baru dikenal, badan berkeringat meski berada di dalam ruangan ber-AC, suka marah dan sensitive.

Pesan Admin

Silahkan tinggalkan komentar, pertanyaan, pendapat, atau curahan hati. Kami akan berusaha untuk menanggapi setiap komentar yang ada. Partisipasi Anda akan sangat berarti bagi kelangsungan dan pengembangan blog ini. Terima kasih.

ARTIKEL TERKAIT

CARA BERHENTI SENDIRI MEMAKAI ATAU MENGGUNAKAN NARKOBA DENGAN TERAPI BINNIYAT MAANAWA

“NARKOBA” Jangan sampai deh !!!!

Tiga Langkah Membangun Remaja Bebas Narkoba

Berkata “Tidak” Pada Tawaran Pemakaian Narkoba

CIRI-CIRI PERILAKU PECANDU DI RUMAH & SEKOLAH

DAMPAK NARKOBA

EFEK SAMPING & CIRI – CIRI PECANDU NARKOBA

JENIS-JENIS NARKOBA

Kamus NARKOBA

MENGAPA BANYAK ARTIS YANG MENGGUNAKAN ATAU MEMAKAI NARKOBA

UNDANG-UNDANG NOMOR 35 TAHUN 2009 TENTANG NARKOTIKA

323 comments on “EFEK SAMPING & CIRI – CIRI PECANDU NARKOBA

  1. Wah ulasan blognya ok juga buat di add link nih…
    Penting sekali buat informasi masyarakat luas, biar tau efeknya kalo nge-bo’at. Penjelasannya lebih rinci dari pada informasi yang di TP, Radio, sama dikoran-2.
    Tapi halaman utamanya yang di tampilkan postingnya kebanyakan Bro… Kalo bisa max 2 aja bisa gak ?
    Biar cepet loadingnya.
    03183166993

    • wa yo jangan …negara kita kan negara hukum,,,lagi pula kn udh ada jg tuh pasal yg mengatur hal seperti itu…
      justru yg hrus dibasmi itu ya pengedarnya tanpa mereka pasti gk akn ada lg yg memkai barang itu….iya gak??/

      • ya kita tetap berteman dengan pecandu n jangan menjauhinya walaupun resikonya besar tapi kita berusaha mempengaruhint\ya agar ia sadar, tapi mang susah kok ya lo gak hati2 ma kita keseret juga, maka hati2 n waspadada narkoba

    • kok ada org yg bgt kejam kali,,,,,apa slhnya bg pecandu dan kl blh sy blg,,,,pake bkn pake uang mu,,,yg rsk bkn badan mu….knp lu hrs blg cepat2 mati…..dan lu kan ngk pemake jd agak lama matinya…tp dosa yg lu buat tmbh banyak tau….dan blm tentu banyak yg pro kl lu blg bgt….bgsnya jg dr mu ja….

  2. Bgmana ya menyikapi pd saat kita dihadapkan pada pemakai narkoba?? Langkah2 apa aja yg hrs dilakukan utk start awal utk menghentikan pemakai yg sdh terlanjur jd pemakai??

  3. saya yolanda, dipanggil Yola. Saya punya adik yang pecandu. Setelah membaca ciri2 dari pecandu dari masing2 barang, saya menemukan hal yang tidak sama dengan penjelasan diatas.

    adik saya, selalu ceria, badannya besar beratnya saja hampir 95Kg. di lipatan tangan dan di punggung tangan ada bekas luka sprt suntikan. Telapak tangan sll berkeringat, mudah marah tp juga mudah mengambil hati sehingga orangtua mudah jatuh kasihan. Ciri2 lainnya dia sll muntah setelah menggunakan narkoba. Tapi tentu saja selalu tidak pernah mau mengaku, karena selalu mengatakan sudah berhenti/tidak lagi menggunakan narkoba.

    yang mau saya tanya adalah narkoba jenis apa yg di pake adik saya, karena dia selalu lama di kamar mandi. Kami tidak pernah menemukan apapun di dalam kamar mandi.

    Dan kemana sebaiknya saya membawa adik saya tsb? walaupun saya tertarik untuk mengunjungi UPT LIdo BNN, apakah tenpat ini dapat membantu saya dan keluarga saya agar dapat menyembuhkan adik bungsu saya. Saya mengharap kesembuhan total agar adik saya dapat kembali normal. Apakah kesembuhan adik saya hanyalah harapan kosong???? Saya mohon bantuan dan pencerahannya.

    Terima kasih
    Yola

    • bisa bisa adik anda memakai sutikan sudah,,,, ,saya tinggal di austarlia biasanya pecandu pecandu itu ,mereka memakai kamar mandi atau toilet, sebangai tempat aman buat mereka, mensutik narkoba itu kebadanya,, tapi itu juga tidak 100 persen benar ,,,muda mudahan adik mu tidak seperti itu ,,,biasanya pecandu narkoba kegemukan dulu ,,,lalu drop jadi kurusss

    • Ingin hidup normal dan terhindar dari narkoba adalah hindari lingkungan yg sudah terpengaruh narkoba tsb dan cari kesibukan yg positif

  4. pertanyaan saya hampir sama dgn yola hanya sja,dia itu calon suami saya dan kami akan menikah dlm bln juli ini, apkah dia bisa dipulihkan secara total setelah dirawat direhab bandung,karena hari minggu kemirin ibunya membawa dia kerehab bandung ,mksih

    • Maaf Mba sebelum nya.Mba menurut pengalaman saya pemakai n pecandu susah di sembuhkan lebih baik cari suami tdk pemakai . Seperti suami saya pinter bohong n rumah tangga akan selalu ada keributan. Bagaimana ayahnya bisa jd contoh yg baik buat anak nya.

  5. nma aku tina,,akku pnya pacar yg pecandu narkoba,awal nya aku tak percya,krna ku liht dia ank yg baik,dan tak ad crii2 bahwa dia pengguna

    di suatu ketika,akhir nya aku mengetahui nya,dia sndri yg mengtkan nya pda ku,aku sempat tak percya,tp lama kelamaan,ciri2 itu tampak,

    seperti dia sering skit perut tnpa ada alasan yg psti,hidung na sering pilek n gtal,ssah mkn,ssh tidur,bhkan berat bdn nya turun

    aku ingn dia kluar dri obt2an ini
    aku tak ingin dia knpa2,
    tlg beri tw sya
    gmn cra mngobti na

    aku ingin dia sembuh,aku mencintai nya

    • ajak dia belajar tentang agama…… jika masih belum bisa hubungi saya, 100 persen sembuh… tanpa imbalan apapun.. asal si pecandu mau mengikuti… apa yg telah saya kerjakan…. waktu saya jadi pecandu…..

    • Bwt Mbk Tina: Yg pertma perlu ditegaskan Bhwa Pecndu adalah “Korban” , Emang sering kli kata2 tina gk di dngar, coba cari orang yg dianggapnya paling dihormati untk bcara dengannya, ajak dia refresing ke tmpat2 sosial, sprti panti asuhan, atau Tina juga bsa gabung dalam komunitas sosial kemasyrakatan…..
      Teman dekat jg bsa membntu,
      Terbkti seorang pecandu bsa prlahan sembuh melalui kegiatan event2 yg berbau sosial..
      kunjngi kmi di Barisan Karang Taruna Anti Narkoba( fb. bastarcommunity@yahoo.com) thanks

      • tapi masalahnya, kalo posisi pacar jauh “LDR” , hrs pke cara apa biar dia berenti konsumsi itu. karna dgn nasehat pasti susah, karna emosinya yg tinggi membuat mati gaya buat nasehatin.dan padahal diluar dia punya kegiatan yg positif, tapi masih saja mengkonsumsinya. plis reply

    • Dear all :
      Saya akan sharing berdasarkan pengalaman saya sendiri :
      Kaka saya adalah pecandu sabu sabu akut.. obat yang paling mujarab adalah memutuskan rantai pergaulan ke negara yang bebas narkoba (tidak boleh ada narkoba) seperti singapore minimal 1 bulan sampe dia merasakan sakau dan melewati masa masa sakau. Jangan lupa dalam menjalani terapi tersebut siapkan vitamin vitamin dan susu. Selain itu berikan aktifitas positif yang menyibukkan bagi si pecandu. Saya bawa kaka saya ke negeri belanda dan akhirnya menikah disana. Jangan salah belanda memang negara bebas.. tapi di sana tidak semudah yang kita bayangkan khusus nya untuk mendapatkan sabu sabu… Alhamdulilah skarang dia menjadi seorang ibu rumah tangga yang sukses. Lingkungan menjadi hal yang paling penting. Lingkungan yang tenang , hijau, sunyi (tidak gaduh) dan dingin merupakan habitat untuk penyembuhan narkoba.. selama si pecandu punya akses ke pengedar atau penjual atau hidup di negri yang notabene nya narkoba bisa mudah didapat selama itu tidak akan pernah sembuh. Percuma terapi mahal mahal.

  6. himbauwan kusus kepada kapolres tembilahan riau,saya ingin memberitahu kan bahwa dari pihak kepolisian banyak yang menjadi pengedar dan pemakai narkoba kusus nya di kalangan polisi tembilahan riau dan malah membeking masuk nya narkoba ke tembilahan riau dan membeking dan akhir nya menangkap jg klu mau kota tembilahan aman dan bebas dari narkoba tolong bapak tangkap dan di peroses secara hukum kalau ada anggota dari kepolisian yng terbukti membeking dan pemakai narkoba dan jng yang di tangkap hanya masarakat aja dan yng menjadi dalng nya dari pihak polisi di biarkan aja dan leluasa membeking masuk nya narkoba ke kota tembilahan riau

    • saya pake sabu sejak kuliah 98 baru brenti 2008,memang susah bgt,tp tergantung niat dan mendekat kan diri sm tuhan (kalo saya percaya kpd allah swt) jalan nya adlh secara perlahan2 ato bertahap,saya pernah pake 2,5 gr sendiri,dalam tempo semalam (dr jam 9 mlm-jam 4 subuh) yg saya rasakan tdk ada mentok nya,yg ada uang habis,pikiran kusut,setiap kali mo pake,lsg inget yg gak enak nya aja dulu,spy gak jd,inti nya jgn bayangkan yg enak nya,tp pikirin setelah nya….gitu,dulu saya pernah 6 hari tdk tidur…..(jaman2 kuliah di bdg) tp skg setiap ada niat make(rasa2 kangen) lsg saya pikirin after make nya gmn?pasti gak enak dong lgs ngedrop…alhamdulilah sampe detik ini rasa ingin make dah gak ada lg.kalo saya pribadi cara nya simple,tp sebaiknya jgn diikutin krn rada extrem,1.pas ada rasa mo ngubas,cpt2 beli miras minum sampe mentok,(awas2 ati2 ntar alkoholik,)2.mix miras dgn sedikit cimeng tp jgn keseringan ntar malah kecanduan cimeng pula,mksd saya alihkan rasa ingin ngubas dgn yg laen,bgs nya sih shalat,tp kalo blm bisa ya ikutin cara saya di atas,lama kelamaan rasa ingin ngubas bisa hilang dgn sendirinya,skg kalo ada temen ngajakin make malah aku nasehatin yg jd nya mrk menjauh,tp it’s ok msh byk tmn2 yg laen yyg gak make,jauhi pemake,dekatkan diri dgn agama,0k bro demikian sedikit tips dr saya,dan terbukti ampuh buat saya(sekedar info,sy mulai kenal brg2 haram dr klas 1 smp,pertama kali miras,boat,cimeng,ineks,sabu,putaw,hero dr thn 1992 dah rusak baru tobat th 2008,gile kan?tp saya bisa keluar tanpa rehab,artinya depend on niat dan dekatkan diri dgn tuhan,pasti bisa..ok goodluck….

      • salut bro…buat perjuangannya tuk berhenti…Tapi akan lebih bagus klo rehabilitasi pecandu narkoba ke panti rehab yg sdh ada. saya yakin mereka memiliki metode atau teknik yg bagus dan orang2 kredibel yg peduli, untuk proses rehabnya. buat temen2 yg masih make, cepat2 saja berhenti, sebelum maut yg “merabilitasi” anda.

      • dari bhasanya yg bagus tdk menunjukkan bekas2 kerusakan yg berarti, bolehlah dicritakan tanda mata apa yg msih membekas sbg korban bahwa Anda pernah ketergantungan yg panjang..

      • Ad solusi Buat Bisa jauh Dri NArKoba Ngak Teman²?
        Udah semua cra Gw coba tpi ngak juga bisa²,.
        Niat udah ad tapi masih juga make,. Brengsek² Lah

        NaRkoba ( pembunuh Berdarah dingin )

  7. Bagaimana sii cra mMbrhntikn kcanduan dari obat2n,coz sy udh bingung dgn cara apa lg sy hrz Mmbrhntikan rasa candu sy. sampe2 sy smpt putuz asa utk bunuh diri..
    mhon saranny

    • sabar bro…semua cobaan pasti ada jalan keluarnya…coba anda hubungi BNK terdekat utk konsultasi..jangan takut untuk datang, karena mereka akan sangat wellcome terhadap para pecandu yg mo tobat.

    • awalnya niatkan untuk tidak mendekati ataupun membeli narkotika, dan perbanyak beribadah memang seeh sakitnya enggak ketulungan yang dirasakan dibadan biasanya seeh itu akan memakan waktu lebih kurang 3 bulan, namun kalo hati kita niatkan dan niat karana sayang akan diri sendiri serta kepada yang maha kuasa, mudah2an semua akan terlewati dengan tenang tanpa ada rasa beban yang membebani fikiran, kurangi jam keluar rumah, cukup keluar rumah apa yang dituju selesai apa yang dituju langsung pulang, kegiatan perbanyak berdo’a.

  8. inti pemecahan masalah dari semua maslah diatas sebenarnya hanya satu : yaitu kemauan untuk bertobat. tanpa itu percuma deh……
    pusat rehab, rsko, dll semua itu cuma berupa fasilitas pendukung, dan yg paling penting jauhkan dari lingkungan sebelumnya, bawa dia ke tempat yang baru agar dia bisa memulai hidup yang baru.

  9. setelah sya bca ciri” di atas sya merasa bahwa ciri” tersebut aaaada di dlm diri cwok sya,sya ingin membantu ya untuk mengatasi msalah ya.tp sya bggung krna sya gx tau cra nya ???????

    • dekatin pelan2 sis…jangan langsung tembak. pastikan dulu dengan berbicara dari hati ke hati, klo dia mau mengakui, tunjukkan bahwa anda peduli dan tetep sayang sama dia…klo berhasil, ajak dia ke panti rehabilitasi yg ada di web ini..
      GOOD LUCK

    • Panti Rehabilitasi Narkoba Wanita Kristen “Rumah
      Telp. Lentera” , Gunung Geulis – Gadog Cibogo – Bogor ,
      0251 – 251336
      silakan coba dihubungi.

  10. tolong di selidiki anggota polisi tembilahan riau yang terlibat pengededar narkoba , pemakai , dan jangan yang selalu menindas warga aja dan yang masukin narkoba juga polisi dan menangkap juga polisi gimana dengan kinerja polisi bukan nya melindungi masarakat tp selalu menindas masarakat

      • sy mohon infonya,sy punya adik cowok,sprtinya dr diri dia sndiri dia pgn tobat,tp trkadang dia kumat tp beda sprti org yg tertekan dan punya masalah brt,murung,mondar mandir gak karuan,menangis sndiri,apa mnrut agan itu normal bahkan dia smpai mo bunuh diri,apa itu mmg imbas pgn stop,kmn sy hrs bawa ke rsj ato ke panti rehab.sy mohon bgt ide dr agan,thanks

  11. pancaroba..hal coba coba..pengetahuan mendalam mengajarkan sisi baik dan buruk dalam pergaulan..inti nya memang jangan kecanduan..laen kata bila hal nya pemakai yg bisa di bilang pencoba..!!

    jln hdup memang beda2..begitu pula dgn prinsip..memang smua nya ada resiko..dan itu lah yg bisa membuat hdup lebih berpengalaman…!!!!

  12. saya kurang paham mengenai narkotiba.
    Tapi akhir2 ini saya agak curiga dgn saudara saya,
    saya pernah menemukan botol dengan dua lubang diatasnya & pipa kaca berisi sedotan di kamar mandinya.
    mungkin nggak adik saya tsb menggunakan narkoba ? tapi jenisnya apa ?
    Masalahnya waktu saya tanya dia tidak mau ngaku. selalu marah balik k’lo kita singgung barang2 itu.

    • itu namanya sabu sabu mbak intan, untuk cara menegeurnya sebenarnya mudah kok, bicarakan pelan2 dan jangn singgung soal apa yg pernah mbak temukan alat perangkat pengisap sabu, ajak deeh untuk sholat dan sholat malam sebelum sholat usahakan harus mandi insya’ allah deeh, lambat laun akan bisa berhenti, ini saya buat dengan terapi seperti ini karna saya adalah termasuk pemakai barang ss, dan alhamdulillah bisa kok berhenti.

  13. aku gak pernah bisa nemuin ciri-ciri di atas sama temenku yang nggunain narkoba, dia pengguna ekstasi.
    dia itu rajin segalanya, aku bahkan gak percaya waktu dia bilang kayak gitu, tapi ada buktinya.dia pernah bilang obat itu hidupku.
    aq harus gimana buat nyembuhin dia??

  14. nyabu emang enak tapi bahaya kalau kelama”an !!
    gue juga pemake baru, tapi dampak yang gue rasakan sudahlah sangat besar .
    gue make sabu-sabu baru” 4 tahun, yang sudah lama banget gue make ganja dan minum”an keras dari sekolah taman kanak” .
    itu semua gue lakuin karna depresi dan tekanan dari orang tua yang kurang perhatian sm gue dan sering bertengkar orang tua perempuan dan laki”, gue cuma diberi uang dan uang doank !!
    gue saranin kalian yang sudah punya anak dan berkeluarga tolong perhatikan anak kalian dan control selalu dmn saja dia berada, gue gak mau penerus bangsa indonesia ini hancur dan gak punya masa depan yang baik .

    tapi sekarang gue dah bebas dari NARKOBA, menjadi ATLIET sepak BOLA divisi utama PERSIJA .
    gue lawan rasa ingin make dan gue tinggalin langsung teman” gue yang pake dan gue jauhi semua barang HARAM itu .

    • salut bro…atas perjuangannya melawan narkoba. buat para orang tua, perhatikan saran dari mas bro ini. anak2 tidak hanya butuh UANG dan MATERI, tetapi juga kebersamaan (waktu untuk keluarga), kasih sayang dan perhatian. Inilah kunci menuju keluarga yg harmonis.

  15. Aq dlunya di ajk tk cri tw tntang Narkotika Jenis sabu-sabu…pertama pke sm sx ga bs, smpe ad mntan aq pnya brng it jg n aq mw cba Lg..
    Efeknya ya sprti yg aq mw, sprti mls mkn & Mengurangi brat bdan aq jg.
    Tp skrng2 ne aq jd lbh kpngen nyabu trus,,,,
    Pdhal dh d cba tk inget yg ga enk2nya, tp aq tergiur dg efeknya yg bs bkin krus bdan…

    Aq mnta srannya yach, gmna cranya untk bs ilangin kmauan wat nyabunya,

    Krna kdang jg ngrsa tkt sich luw dngr ato pn Liat d brita ad yg ke tngkep, gra2 pke aj..

    Thx a lot

  16. Pengen brenti…??? Gampang… lu inget2 ini aja yehh… HARGANYA AJA sekarang lebih dari Rp 1.000.000,- per gram. dr 1 gram tsb lu pake paling awet 3-4 harian. sudah habis… ya pasti nyari duit buat beli lagi khan??? dan seterusnya dan seterusnya. Nah sekarang lu coba pikir dengan WARAS, bandingin sama harga emas yg per gramnya di bwah harga barang tsb. APA GAK SAYANG DUIT dibakar jadi gak jelas?? so… kalo otak lu masi WARAS tinggal pilih… mau yang mana?? emas atau sabu?? BTW skrg dah gak jaman gaul pake gituan. klo emang berlebih duit lu and doyan hepi2, minum2 miker juga cukup. paling juga tepar…ketiduran sama jackpot. besoknya juga ga ada acara parno2an segala tuch…… ga punya duit?? jangan mabok. Just makes ur live meanfuly and keep smilling.

  17. terus kira-kira waktu paling lama bisa nyembuhin orang pecandu gtu kayak ghe mna,,?
    dan bagaimana cara mmbuat orangtua bisa sabar menghadapi seorang pecandu narkoba ?

    mkasih yaa udch ngasih tau caranya

    • tidak ada waktu yg pasti untuk sembuh dari narkoba. semua tergantung kekuatan mental pecandu yg menjalani rehab. tetapi kalo proses rehab didasari kemauan yg kuat dari pecandu utk sembuh, insya Allah akan lbh cepat. mengenai pendekatan ke ortu, bicara dari hati ke hati, sampaikan dengan hati2, sampaikkan penyesalan pecandu yg amat mendalam, dan kemauan yg kuat utk berhenti.

  18. mau nanya lagi nuii,,
    dya itu pecandu tapi dya gag ma di masukkin ke Rehab,,,
    ktnya kalau keluar dari tempat rehab itu cacat di mata masyarakat…
    terus bagaimana mengatasinya..?

    tolong jwbn yaa,,
    thx before

    • Anda salah besar kalo mengatakan seperti itu. Pertama, siapa yg tahu bahwa si A adalah pecandu. karena biasanya pemakai mengkonsumsi narkoba scr diam2. Kedua, siapa yg tahu kalo si A habis dari panti rehab kalo tidak ada yg memberitahu. jadi, simpel saja, yg perlu tahu bahwa si A adalah pecandu, cukup keluraga dan org2 terdekat yg bisa memberikan dukungan moral dalam proses penyembuhan.

  19. hilangin kecanduan sabu gimana ya ?? tunanganku udh kecanduan sabu2 itu lama dan sifatnya cenderung emosional jika kehabisan uang atw gk dpt make lagi,selain rehab apa sih yg bsa aku lakuin bwt dy? aku ga mgkn minta sama keluarga nya lgsg krna pasti ortunya kecewa dong… please,help me..

    • mbak…kalo mo sembuh, memang membutuhkan orang2 terdekat utk mendukung proses rehab, apalagi dukungan keluarga yg sangat berarti. pendekatan ke keluarga memang sulit dan membutuhkan keberanian. dan yg paling penting dan utama, pendekatan ke tunangan mbak, harus dibujuk supaya mau sembuh dan direhab. klo sdh mau, baru pendekatan ke keluarga, bicara dari hati ke hati antara tunangan dengan ortunya, sampaikan penyesalan yg amat mendalam dan keinginan yg kuat utk sembuh. saya yakin pihak keluarganya akan menerima dg besar hati. YG PENTING ADA KEMAUAN KUAT DARI TUNANGAN MBAK UNTUK SEMBUH. menegenai teknik rehab, mbak bisa baca CARA BERHENTI MEMAKAI NARKOBA.

  20. haii…aku mau tanya donk…aku punya temen, dia ngaku kalo dia pemakai sabu..dan trakhir dia pakai skitar 1bln yg lalu..abis itu skr udah nggak pakai lagi, krn mau tobat….
    aku bgung mau percaya apa nggak…scara dia pakai udh skitar 4 atau 5 th…
    pertanyaannya apa bisa di prcaya kalo dia udh nggak pakai??apa semudah itu lepas dr sabu??
    kalo mau brenti, btuh waktu brp lama?tks…

  21. Narkoba merupakan salah satu sumber kerusakan, kehancuran dan kebinasaan baik secara fisik,mental, sosial maupun spiritual. Dengan memberikan informasi yang jelas dan lengkap, kita harapkan dapat mencegah timbulnya korban-korban baru. Bagi yang telah terjerumus, bertobat dan berobat merupakan solusinya. Takutlah dengan Allah, yang telah menciptakan, memberikan kehidupan dan kenikmatan hidup, dan kepada-NYA kita kembali untuk mempertanggung jawabkan amal-amal kita selama di dunia ini. Kebaikan dibalas dengan kebaikan dan sebaliknya. Mari kita manfaatkan masa hidup kita di dunia yang fana ini untuk mengerjakan amal-amal kebaikan dengan niat untuk mendapatkan keridhoan Allah.

  22. nm sy reva,,aq lg bingung bgt apa kh suamiq memkai narkoba atw tdk sox suamiq seht2 aja tp klu siang dy sk tdr trus klu mlm sk kluar bgdang smpi subuh bru pulng,sring lpr,sll bingung,pelupa,plin plan,mtx sring mrh,kurus brt bdn g prnh naik,klu msuk kmr mndi pst lm bru kluar truz sll bw li2n klu msuk kmr mndu n aq sring nemuin btol,,,aq pgn tw jenis obt apa yg d konsumsi suamiq??aq mhon bntuanx sox aq syg bgt sm suamiq.

    • klo kurus dan suka bergadang mungkin dia nyabu tp biasa nya
      pecandu narkoba gk mungkin make narkoba 1 or 2 jenis aja.. Slrh anak yg jd pecandu pasti mencicipi lbh dri 1 jenis..
      Sprti anak regge,underground,punk atw outsyders.. Mereka mencicipi slrh jnis narkoba..

  23. Bantu gua dong bos.gmana carax.gua make sabu udah menjadi ke harusan tiap harix..ibarat kata udah kya roko..tolong minta solusix yg baik.thexs

  24. bagaimana sikap kita sbg ortu/wali jika sudah terjadi,terjadi dan terjadi lg?apa ada kegiatan untuk pecandu/bekas pencandu/pengedar/bekaspengedar?bskah yg bs sembuh menularkan semangat ingin sembuh kepada mereka?

  25. Ulasannya sdh lumayan, cuman resiko bg korban2 untuk menjadi contohnya tidak ada gambrannya, atau ceritakan penderitaan salah seorang terkenal yg prnah sbg pecandu dr msing2 jenis Narkoba tsb..,maaf kami belum menemukan satu riwayatpun para korban pd blog atau situs sprti ini,trims.

  26. papahku pecandu narkoba yaitu…narkoba berjenis shabu-shabu dia begitu sudah dari bujang…tp kenapa sampai sekarang gk insaf juga….aku gk ngerti…itu sewring membuat mamahku marah karna kelakuan papah….tolong dong kawan@ klo punya cara untuk memberhentikan kelakuan papahku tersebut

  27. Woah! I’m really loving the template/theme of this site. It’s simple, yet effective. A lot of times it’s hard to get that “perfect balance” between user friendliness and appearance. I must say you have done a amazing job with this. In addition, the blog loads very quick for me on Firefox. Exceptional Blog!

  28. pecandu sabu tidak mudah di hilangkan itu tergantung hati anda sendiri
    jujur tidak mudah kecuali hidup saya di dalam hutan laksana tarzan

  29. kalo mau ga ada narkoba tutup tempat hiburan itu saja saran saya
    dan buat yang membuat sabu di hukum mati ini tidak ,ada rupiah semua beres
    emang mudah kasih saran buat pecandu tapi yang merasakan gimana apapun di usahakan buat beli sabu ,maaf kalo jenis ganja , ekstasi , putau dll saya bisa kenapa sabu saya belum bisa jadi inti masalah nya pembuat sabu di hukum mati bangsat anjing babi binatang habis rupiah saya tapi tetap asyik bimgumg saya

  30. sabu nikmat tapi menyiksa itulah dunia semua bisa di beli dengan uang tidak ada hukuman yang mebikin orang jera uud(ujung-ujung nya duit)

  31. Z mw curhat nie…
    Suami zy ternyt pemakai, dulu sblm kt merid dy cerita klo dy pern make Tpi dah berhenti. kmrn mlm minggu z dpt btl, sedotan sm jarum suntik & ternyt dy kembli make. Sdh bercmpur kecewa, pantas aj 2bln in skpx berubh total. Jdi pemarah, & msh bnyk keganjalan2 yg z dptkn. Setelah z tw klo ternyt dy make lagi kt rbt zy menyalahkn dgn ap yg d lakukan, dy mlh balik mrh pdq emosix paling tinggi. Z binggung d sn sapa yg paling berslh? Np dy yg paling mrh? Pdhl dy sendri yg melakukan.
    Ku binggung hrs berbuat ap? Tpi klo d diami dy tambh ngelunjak…

    Komentarx dong.,.
    Papua, 15-12-2011

  32. Mas..cr ilangin kecanduan sabu kr2 gmn ya?smua ciri2 itu bner bgt…aq bs mnt tlg dibantu buat ngobatinnya plg cpt gmn?aq akn ks imbalan deh klo crx bner.artikel masnya sip bgt!!!!!thanks before

    • Tergantung diri sndri..
      Hindari tmnan sma pecandu..
      Jgn keluar rmh slma 2 minggu untk menghilangkn candu nya..
      Efek nya badan akn sakit smw. . . Itu tanda nya candu akn hilang..

  33. Aku dulu seorang pemakek shabu shabu berat… Tapi skrg ini tiba 2 aku sangat membenci yang nama nya shabu2 .karna slama aku jadi pemakek ,, g pernah ada sisa uang saya ,,malah utang di mana mana,,, akhirnya saya memilih untuk berhenti dari perbuatan itu… Yang paling sedih lagi teman2 saya sampai skrg ini mareka masih menyukai yg nama nya shabu2 …… Pertanyaan nya ,,, gmna Cara nya agar teman 2 saya bisa berhanti dari segala narkoba,,,,

  34. ulasannya bagus banget..
    saya suka..
    saya pemakai yang sifatnya sekedar..
    kalau ada acara untuk begadang dan kepentingan yang lain saja baru saya menyentuhnya.. itu pun saya dapatkan dengan cuma-cuma..
    tapi saya paham betul dengan semua ini..
    saya sangat khawatir dengan apa yang saya lakukan selama ini..
    takut akan segala sesuatu yang terjadi tentang saya dan merepotkan semuanya..
    kira-kira bagaimana tanggapan dari yang lain??

  35. ibu saya seorang pecandu sabu2. udh satu tahun setengah mungkin, saya sering pernah menemukan bukti2nya tapi dy tetap saja mengelak. apa yang harus saya lakukan..ayah saya sangat sayang pada ibu saya? dy mungkin ga mau ibu saya tersinggung atau apa, jadi sampai sekarang dy blm jg mengirimkan ibu saya ke rehab padahal ibu saya sudah banyak merugikan. utangnya dimana2. saya sebagai anak stres banget ngadepinnya. saya udah kasih liat bukti2 yang saya emukan ke ayah bahkan di depan ibunya. tapi sampai skrng belum ada tindakanapa2. saya jg ga ngerti jalan pikiran ayah saya gimana. saya stres banget.tolong bantu saya.

  36. hufh saya juga mengalami problem yang sama calon suami saya pemakai sabu-sabu,,,,gak ngaruh dilaporin ke polisi juga toh calon suami saya itu anggota juga,,jadi terasa bikin sesak dada,bikin sakit hati,,padahal aku mw dia berhenti itu untuk kepentingan dirinya sendiri,,untuk kebaikannya sendiri,,tp gak di dengar juga………….. l

  37. maf sy mau curhat & mau tanya soal sabu2, dulu suami sy pmakai sabu2 trus waktu sy hamil sy tdk tau akibat/dampak trsbt,waktu bayi sy lahir dia tdk bs bersuara & air ketuban’nya berwarna hijau..
    akhirnya bayi sy mndpt prwtan & trnyata jantungnya bocor akhirnya bayi sy meninggal,kjadian trsbt m’mbuka mata suami sy tuk brhenti pakek sb2,
    -apakah bayi sy meninggal karna akibat dr sabu2..?
    -klo sy hmil lg apakah msh beresiko sm bayi sy nanti..meski suami y sdh brenti slama 1thn ini..?
    sy ingin sX pny anak tp msh takut klo sperti yg dulu..
    tlong pnjlasanya yah,makasih..

  38. saya sangat ingin menjauhi barang kristal ini,,,
    jujur sy pemakai,,,1/2 gram harus masuk ditubuh saya,,,,
    sy udah capek dibuatnya barang haram ini,,,,sungguh sy sangat menyesal mengenal barang kristal ini.
    tolong berikan cara biar sy bener2 berhenti mengingat barang ini….???
    dan saya jg dah mulai berusaha untuk hidup sehat,,,,

    berikan masukannya,,,,secepatnya,,,,biar ada motipasi untuk temen2 yg lain,,,,,

    thank’s….

  39. gmna iia cra tk mlupan atau mnolak jika d’ajak tmen tk mmakeq,,
    pdahal ud d’cba sgala cra tpi law ud lhat brang yg mau d’pakeq pasti mauu ajj…
    kasih solusi donk’

    ingin brhenti\hidup tanpa narkoba#
    #shere

  40. Suami’ku pengguna ganja,n sering ak menemukan lintingan n ganja kering.Dia bilang dh berhenti,tp ak gk percaya.Krn dia suka berbohong,sering marah2,jarang mandi,n ak gk tahan sm semua kelakuan buruk’y.Bsakah ksih tau sya cara untuk menghadapi’y..??Sering terpikir untuk mengahiri hubungan ini.

  41. Gatau harus gimana lagi, org yg w sayang gunain ekstasi krna faktor kkcewaannya dg kluarganya, w hhrs apa, dy jauh dr w … Dy brubah jd org yg ga w knal tolong bantu plis ;(

  42. Z mW curhat nie…
    Zy adalah istri dri pecandu narkoba. awal seblm zy nikah sm suami zy mmg dy sdh pake, tpi ktx sdh lama berhenti. Tpi bnyk keganjalan” yg zy dpt, setelah 3 tahun kt hidup bersm dan mempunyai ank. Bru ketahuan ternyata dy selma in tdk pernh berhenti pake.betapa kecwx sy dan langsung minta cerai, tpi dy yg malah lbh keras dan ank2 hampir d bw kabur olehx. Zy tambh binggung g tw mw berbuat ap, terpaksa zy hanx bisa diam dan terima dy. Hingga skrg, tpi jujur kadang tetap tdk bisa terima

    • boleh tanya zy .. maaf sebelumnya tidak bisa terima nya karna apa? apa sifatnya brubah karna pengaruh dri narkoba maksudnya misalnya suka kdrt?

    • Sabar mba zy setahun yang lalu aq jg pernah ngalami hal yg sama dan sampai skrg hanya tuhan dan dia yang tahu apakah sudah berhenti atau tidak, aq hanya bisa beri kepercayaan,support dan berdoa demi keutuhan rumah tangga dan anak. Ingat tidak ada yang sia2 dalam hidup…apa yang kita lakukan semata-mata mengharap ridho dan pahala dari Tuhan YME.

    • To mba hasfira sama! Suamiku juga pecandu narkovpba jenis sabu
      Aku hidupppp tertekannnnnnnn ktnya sudah berhenti tapi……sikap dan aprilakunya sama curiga sensitive oemarah dan mush terbesar dia adalah cuma aku dgn org lain dia kalem dan diem jgn punya anak lagi mba apaun alasannya mereka otak mereka sudah rusak ngga bisa kerja ngga bisa mikir badan cepat cape lemas plss ambil sikap yang manis untuk dia setelah anak di tangan lapor pada polisi dan pengadilan untuk perlindungan

      Ameera jkt

    • smua pemake slalu emosoional..cb dekatin dy dgn lmbut n dngerin curhatnya.smua bs diatasi dgn lmbut.n kasih.coba hub sy cz crtmu hmpir sm dgn sy dlu.

    • Dr cerita anda kesimpulan yg hrs saya ambil..akankah saya hrs membatalkan pertunangan ini,,,,lebih baik gagal sekarang,dr pd gagal setelah pernikahan…

    • Pemakai sabu itu mba.. menggunakan bong. Botol dan sedotan, jarum,..
      Ngga bs kl dikasarin atau dengan emosi krn sabu menyerang otak dan saraf. Tidak bs berpikir normal.

  43. apa yang harus saya lakukan jika suami pecandu sabu?seblum nya saya tdk tahu,tp dimalam pertama saya kecewa mengetahui hal itu,dan usia pernikahan bru jln 5bln,saya blom hamil.

  44. Help me, gw kecanduan tapi gk bisa brhenti walau gw udah terapi, kemauan gw besar untuk berhenti, solusi dong ??

  45. gimana sih cara mnyadarkan pcandu narkoba,aq pnya tmen cwo,aq baru tau kl dya adlah seorg pcandu narkoba,aq ingin dya brubah,aq sering mmbujuk dya tapi dya malah bilang sulit untuk dya brhenti karna factor lingkungan rumah’a,teman”nya yg juga pcandu,,,,jadi aq harus gmna???????????

  46. perkenalkan nama saya richard, saya seorang pemakai berat .
    saya ingin bertanya bagaimana cara berhenti memakai narkoba secara total .
    terima kasiih .

  47. Saya punya teman yg memiliki gejala seperti memakai obat terlarang..
    Ciri2nya seperti tidak mengenal teman-temannya, merasa sakit dgn badannya, diajak bicara dy mengerti, tapi tdk bisa merespon dgn baik. otot di badannya terasa kaku.
    apakah ciri di atas merupakan tanda2 bahwa dia memakai obat-obatan terlarang?

  48. q mau curhat tentang kakak q yg perilakunya belakangan ini aneh, q juga bingung harus berbuat apa menyelesaikan masalah ini padahal sebelum2nya kakak q baik2 tidak seperti belakangan ini…
    q pengen kalian bisa bantu qa biar kakak q bisa kembali normal karna q yakin kalau kakak q mulai menjadi pencandu narkoba karna tingkah lakunya sangat aneh memang dia sering minum2n keras tapi setiap kali dia mabok tu biasa2 saja tidak seperti sekarang2 ini yang tingkah lakunya aneh …
    tolong abntu q yah buat pencegahan dan langkah apa yang harus q ambil atau q lakukan …

  49. ass…
    Mas bagaimana bagi pengguna ganja pertama kali ? apakah akan dpt trdeteksi di urin atw gk? pasalnya teman sy,,, di jailin matemn sekosnya,,, katanya itu hanya sebuah rokok biaa,,, krna dia anaknya polos,, langsung dia mncobanya,,, baru 2 kali isapan,,,

    mohon penjelasannya ,,,, mksih
    waslm…

  50. klu yg kecanduan narkoba suami kt gmana solusix? dia suka bicara kasar dan pernah ringan tangan sm istri dan tdk ada rasa penyesalan dr diri sukax dikamar tidur ato lama di kmr mandi

  51. siang guys,
    cuma mau curhat aja nh,apakah seorg pecandu narkoba tuh bisa sembuh total/ngilangin kebiasaan’y pake obat-obatan??
    kalo w denger cerita dari tmen2 si pecandu narkoba tuh ga bakal bisa sembuh total,,
    bisa kasih saran ga buat bantu pecandu itu sembuh dari obat !!
    thx

  52. Sekalipun dia pecandu dia tetap saudara kita, semua pasti bisa di perbaiki, usaha dan doa, krn adanya narkoba di dunia emang sudah di gariskan, malahan nanti akan bertambah banyak jenis narkoba,dan sangat mudah di dapat, akhir umat manusia tinggal anda mau pilih golongan yg mana.

  53. Bener banget , berenti narkoba itu susah , gw make ganja uda dari kelas 3 smp dan gw berenti pas kuliah semester 3. Karena gw di tangkep terus di ingetin kalo harga kebebasan itu mahal. Sampe sekarang gw berenti. gw buat surat perjanjian kalo kena sekali lagi bener bener di jeblosin. Bersyukur masih ada pak polisi yang baik. Kasian kali yah. Buat temen temen pengguna coba inget aja dah. Harga kebebasan itu mahal tolong hargai , kita masih ada masa depan.

  54. Gue koebam. eh ternyata kompleks jg ya. stlh gue baca.. menurut g ada 3 faktor yg mjd penyebab. pendidikan. lingkunan n keluarga. semua saling terkait

  55. Erna
    Agustus 6,2012@9.30 am

    Aku sedih banget mlht suamiku sekarang.karna dia sudah masuk ke dlm jebakan sabu2.Aku sudah mengetahuinya tp setiap aku tanya dia sllu menyangkal.kl’u habis pake dia selalu mengajakku berhubungan badan satu malam suntuk.tp dia gak bisa puas.sikapnya yg memang sudah temprament jd tmbh parah.aku bingung hrs bagaimana?ada yang bisa ks saran?

  56. umur 31,,,,saya pemakai sabu aktif Selama 2 tahun,saat ini sudah berhenti memakainya dan efek samping yg saya rasakan mmang persis apa yg ada dijelasakn diatas,yg mau saya tanyakan apakah efek yg saya rasakan sampai saat ini akan trus lanjut sampai tua.masalah saya yg paling berat saat ini adalah hilangnya rasa percaya diri dan merasa salah dan takut orang lain tersingung dengan semua ucapan pembicaraan yg saya lontarkan.
    mohon kpada teman2 bapk2 beri saya penjelasan dan bagaimana cara mengontrolnya.

  57. jauhi narkoba bro… bahaya banget.. bukan hanya dampak medis… kalau udah ketangkep aparat jadi repot semua…
    kenapa ? dana yang dikeluarkan agar bisa bermain hukum untuk bisa hukuman 1 tahun rehabilitasi minim 200 juta. kalo tidak dijamin kena hukuman penjara minim 4 tahun

  58. Ane mau curhat ne…
    gimana cara berhenti menjadi pecandu
    shabu-shabu….
    apakah bisa di hentikan atau tidak ?
    tolong di jawab komentar saya…
    karna ini keterlibatan penting dengan keluarga saya…..

  59. saya pecandu sabu-sabu… cara menghilangkan efek canduan bagaimana ya?? tiap hari kepala pusing n mengantuk!!! saya sebenarnya sudah 1 tahun lebih berhenti mengkonsumsi sabu, tapi efek pusing, ngantuk n rasa lelah yang amat sangat tidak bisa hilang!!! bagaimana cara menghilangkannya…??

  60. Ingin berhenti dr narkoba harus dtng dr dlm hati dan niat sepenuh hati tdk setengah-setengah.klau itu tdk ada maka akan sulit

  61. mau curhat nih gan2….. saya ferri (laki2), saya punya pacar dia pecandu inex……sudah ada 8-9 thn, saya pdkt ama dia sekitar ampir 9 bln, skrg sy baru pacaran 1 bln, mula2 sy kira dia gadis baik2, tapi setelah 1 bln pacaran dia adalah pecandu inex. …….. sy paksa dia untuk berhenti make, dan dia udah ga make (ini minggu ke 3), tapi dia tuh suka marah2 (bukan ngambek), teriak2 kepada saya, sehingga tetangga semua orang tau, seakan2 itu saya salah ama dia, sekecil apapun itu kesalahan saya. Jikalau saya marah balik, Sudah bisa nekad ambil pisau mau bunuh diri, banting piring gelas, ini itu. Pernah terpikir untuk saya lapor ke orang tua dia, tapi di ngancam akan bunuh diri, saya ga kuat liat luka baret di tangan dia, karna itu tiap marah dia mau motong tangan dia sendiri, Semua kerjaan saya terganggu , karna tiap malam saya harus telpnan sama dia temenin sampai jam 2-3 subuh, tetapi besok saya masih harus ngantor, jikalau saya tidak temenin, udah dia bisa saja keluar rumah datang ketempat saya (teriak2 sana sini). Saya ga kuat hadapi semua sikap dia, tapi saya udah janji n sumpah ga ninggalin dia. Gimana caranya tolong kasih coment , karna saya ga kuat……..

  62. Indonesia ini ga akan bersih dr narkoba, karna aparat nya ga tegas dan sutka disuap, dan yg parah nya banyaknya yg menjadi pmakai.. sedih liatnya….

  63. gw jga mantan pemake,gw bisa berhenti make karna kemauan gw sndiri krna gw sadar kalo barang gituan nga ada guna,,,,,,
    sebenar nya barang gituan nga ada efek candu nya,candu nya itu dikarenakan si pemakenya pengen keliatan jago di depan tmn dan sok exis gitu,maka nya dia make…..
    wktu gw masih make gw nga kyak org” yg nyariin barang itu terus rela jual segala nya…..

  64. Mantap..
    Klo bisa di liat kan foto2 yang lg kecanduan..
    Trus bg yg baca smua yg d katakan emg benar..
    Cara yang plng mujarap ngilangin nya dekat dri ma sang pencipta..

  65. cukup Bagus artikelnya,,
    TETAPI ALANGKAH LEBIH BAGUS JIKA DIBERI JALAN KELUARNYA JUGA.
    klw cuma Brbicara eMangg Mudah, Tpi Tidak semudah Menghentikan Candu Narkoba.

  66. Aslmalkm wr.wb…
    sya ank bungsu dr kluarga 4 brsaudara,sya memlki kakak laki-laki yg sudah 2 x msuk penjara,prtma kasus na d pidana krn ikut melakukan aksi pembunuhan,dn di penjara selama 1thn,sa’at itu usia na bleh d bilank msih remaja,dan 3 thn silam dia masuk penjara lg untuk yg ke 2x nya,krn trjerat kasus narkoba,jadi stelah dia kluar dri tahanan utk ke 2x nya,sa’at ini sya mengawasi dia dn trnyata dia msih menggunakan narkoba jenis shabu-shabu,krn pihak keluarga sudah lelah menasihati,jadi trpaksa sya segera utk melaporkanya ke kantor polisi tangsi yg berda d pangkalan berandan,jadi bukan na tdk sayang dgn sodara sendiri,sya mengambil kputusan ini agar dia selmat dari lingkungan yg tlh trcemar dgn narkoba,stelah itu,semoga sja dia berubah dn tdk menggunakan na lagi,krn pihak keluarga kami sllu memprihatinkan kondisinya dia,semoga sja operasi penangkapan kakak sya nanti dpt brjlan dgn sukses tnpa ada yg membocori operasi penggerebekan tersebut,rencana nya setelah di tangkap dia akan di karantina dan di bina di dalam sana,agar dia mengerti apa tjuan sebenarnya hidup kita di dunia ini,maka saya pesan kpd para pemuda utk tidak menyalahgunakan narkoba,karena hidup kita ini sangat berarti bila tnpa di cemari oleh narkoba,jadi sampai di sini saja curhatan hti sya,bila ada kta-kta yg sya tulis di ats menyinggung persa;an pembca,mka sya ats kerendahan diri sya utk mngatakn m’f kpda anda dn publik,
    Wasalmalkm Wr. Wb.

  67. mas bisa bantu ga apa sih ciri-ciri pecandu berat dan pecandu ringan, gejalanya bagaimana terus kalau pecandu berat gmana mengatasinya dan pecandu ringan juga gimana? saya mau cari data ne buat skripsi.tolong bntu ya… secepatnya..

  68. Narkoba : inti nya smwa sama aja jenis apa pun dia Narkoba nya. maaf klaw saya dsni sedikit Curhat ataw mengguruin ^_^ saya hanya berbgi penglman hidup saya. Saya bukan orang baik tetapi saya ingin menjadi baik dari sebelum nya,..saya sempat tau gmna posisi pemakai Narkoba. ketrgantungan itu pasti akan terjadi tetapi itu smwa bisa ducegah oleh niat. Tetapi tidak juga cukup hanya denga niat 70% itu pengaruh ke lingkungan ( tempat tinggal ). bagi teman’2 yang sudah di dalam kegelapan narkoba tersebut saya berharap smwa bisa normal kembali tnpa harus ketrgntungan AMIN. saran saya Coba lah berpindah tempat tinggal untk smentra 2 or 3 thn sya rsa sudah cukup buat mernungkan diri dan mencegah memkai NAR kembali. Berfkir lah kita secara dewasa klaw itu tidak ada guna nya tetpi malapetaka bagi kita. ty all my friend

  69. Aq punya cowok pecandu sabu..aq d berusaha u bantu dia sembuh..tp..aq gak bs..krn kel q tidak menyukainya..apa yg hrs q lkukan..krn saat ne cwok itu sdh pergi nth kmn..dan skrg ne aq sdg mengandung anknya..apakah anak ne kelak akan kena dampaknya pd saat lahir krn aq melakukan sex dgn seorang pemakai sabu..gmn caranya aq harus berthn dgn keadaan sprti ini..

  70. saya mahu ingatkan anda semua,buanglah rasa ingin tahu,penasaran dgn narkotik jenis sabu.krn dr ingin tahu dan penasaran anda pelan2 terseret menjd pemakai,dan kecanduan.saya dulu awalnya punya perasaan pengen tahu dgn sabu,tampa kusadari aku menjadi seorang pemakai,dan kecanduan sampai tingkat ktrisis,dimn bdan saya kurus,gelisah,paranoid,mudah emosi.sangat sakit melepaskan barang tersebut.kecanduanku yg pada saat itu,sabu bukan lg dipakaibuat senang2,namun sebagai kebutuhan pokok,yg mengalahkan sembako.bahkan tahap2 terakhir kecanduan sabu,mahu tidur sebelum memakai barang haram itu tidak bisa tidur ataupun senang,jujur sehari 1g saya selalu habis.apa saja cara untuk bisa beli barang itu.pada saat itu aku bukan ditanah air,tp dinegeri jiran sebagai tki ilegal.disetiap ku sendiri hati kecilku selalu terbisik,akhirilkag
    h meracuni diri.alhamdulillah dgn tekad yg kuat,ingin berhenti dr ketergantungan sabu,sampai skrg 7 bln yg lalu aku berhenti menjd pemakai,sangat tersiksa badan menahan tidak mengomsomsi barang haram tersebut.berhenti dr pecandu sabu,diniati dr diri kita sendiri,baru minta dukungan orang lain,

  71. Saya punya teman seorang pemakai.
    Dia seorang pemaikai sabu sebelum dya kenal saya.setelah dia kenal saya dia berhenti menggunakan barang itu.
    Sekarang dia merasa sakit pada daerah dada,dan sesak nafas.
    Itu kenapa bisa terjadi???
    Padahal dia kan sudah tdak makai lagi.

  72. boleh nanyak gak ? butuh waktu berapa lama sih menetralisir darah untuk kembali kenormal lagi apabila kita sudah pernah mengkonsumsi narkoba ??

  73. Untuk mengetahui bahwa seseorang yang mengaku sudah berhenti tidak menggunakan shabu padahal mungkin masih memakai gimana caranya?
    Apakah ada cara tertentu..dan apakah mungkin seseorang bisa sembuh dari kecanduan shabu kurang dari setahun tanpa terapi dari dokter atau ahlinya?

  74. Gw udh cape mengenal dunia in sulit berhenti kesel sama diri
    sendiri knp gw selalu balik lg
    padahal sering gw rasakan….
    Dampak ahkir nya selalu masalah yah tuhan hamba ingin lepas dari dunia ini cape andai waktu bisa k putar aq tak ingin mencoba coba.

  75. adikku pernah menjadi pemakai narkoba dan pernah pindah tidur dii Medaeng Surabaya. setelah keluar kok sikapnya malah kian menjadi2. seperti orang yg gak waras, ngomong2 sndiri, ketawa yg ga jelas. selalu merasa melihat setan dsb, barang2 elektronik seperti tv disulut korek. menantang orangtua. sebenarnya ada apa dgn adik saya??? apakah pecandu narkoba akan menjadi gila di kemudian hari? yg saya pikirkan bukanlah adik saya, tetapi kedua orangtua saya yg uda begitu sabar mau menerima keadaannya, membimbingnya ke jalan yg benar. sayangnya kondisi adik saya tambah ga karu2an. sampai2 saya pernah memohon pada Allah SWT, Ya Allah….Kasihani kedua orangtua hamba, jika Engkau berkehendak mengambil nyawa maka ambilah nyawa adik hamba dahulu, jangan bapak dan mama hamba. kalau memang adik saya sudah tidak menjadi orang yg berguna di masyarakat ataupun di dunia ini, hamba ikhlas Engkau mencabut nyawanya”. Amiin…amiin …Ya robbal alamiin.

  76. saudara saya kan pecandu narkotika sabu-sabu,cra menghentikan saudara saya itu gmn? biar tidak kecanduan lgi gan?
    kasih jawaban yg tepat dong?

  77. Apakah orang yang pernah memakai narkoba bisa benar2 lepas dr narkoba?
    Hal apa saja yg memungkinkan dia utk kembali memakai narkoba?

  78. mending gak usah nyobain yang namanya narkoba,,,,
    bukan masalah loe bakal teratasai tapi malah penyakit banyak yang nyangkut,,,,
    cara ngindari tu narkoba ya ,,,,pas megang barang haram tu inget tu muka ortu loe,,,byangin pas mereka nangis d samping tubuh loe yang kaku gara2 OD,,,,

  79. Dulu sya make sabu sampe saya ngalamin yg nma’y paranoid 1thn hidup d dlm ktakutan. skrng sya smbuh total dn ga inget lg sm yg nma’y sabu.awal’y sembuh dri gejala skizofrenia. thn2001 Ibu sya mngajak sya k sbuah pesantren d suka bumi desa cimangu smpai dsana sya brtemu guru besar nm’y h.asep bliyau yg mbibing sya slama mnjadi santri t4’y.bliyau prnah brkata (tdk ada yg tdk mungkin d dunia ini) kata2 itu yg mmotivasi sya untuk keluar dri rasa takut yg sya rasakn. 1thn prtama sya mngalami perang batin antara alam sadar dn alam bawah sadar.d masa2 itu masa yg trsulit untuk ksembuhn sya. d thn k 2 sya mrasa ada prubahn. tdk ada lg halusinasi dn pikiran negatif.sya d ajarkn hidup prihatin tidur aja ga boleh pake kasur cuma bralas tikar ga blh ada surat atau pun kiriman saya d beri kesibukan slh satu’y mengurus bebek dari telur bebek smpai bebek’y brtelur kmbali. 2thn mnjadi santri banyak hal dn arti khidupan yg sya fahami. Trima kasih guru ku dgn ketulusan mu mmbibing diri aku bisa sembuh….

  80. gue mw curhat ne…
    gue adlah pecandu narkoba, sjak gue duduk d bngku zma , dan zjak itulah gue sering kecewa dan perilaku gue tdak , baik dab sejak itulah gue d zruh om gue sruh brhnti pke narkoba sbu-sbu, dan gue brfikir, dan gue lngsung kbur drie rumah , tuh prgi k ponpes xg ada d bandung, truz gue , crita ma pngasuh ponpes itu, dan gue di kzih pngarahan tdan sjak itilah gue bisa sdar dan bisa mnjlankan smua, printah pngasuh ponpes itu, dan …. allhamdulillah , hiduo geu bisa jlan normal dan mlah lbih normal… dan ada pesen wat orang” yg kecanduan narkoba, anda akan, merana dan hdup anda akan mnderita… trima ksih…

  81. .oh iya , bagi cewek yg suka mengkonsumsi exstasi . Apa kemungkinan dia tidak bisa hamil atau mempunyai keturunan ?

  82. Saya ♏άµ tanya, bagaimana cara kt untuk menyakinin korban bahwa itu berbahaya dan dapat ngerusak masa depan, agar dia tidak marah dan bisa menerima apa ♈ªΏğ kita nasehatin… Dan bagaimana juga cara menyembuhkan korban dari narkoba?

  83. Assalamualaikum wr wb..ayah saya saat ini pengguna narkoba jenis shabu2.beliau seringkali berhalusinasi aneh2,menurutny ada banyak iblis yg mengikuti kemana pun ia pergi,memfitnah org2 terdekat bahkan ibu saya sendiri. Dulunya beliau dpt dikatakan taat beribadah,yg membuat saya bingung saat ini beliau merasa dirinya benar mengenai agama. Tidak mengakui dirinya pengguna apalagi untuk diajak masuk rehab.bagaimana solusi terbaiknya?wassalamualaikum wr wb

  84. Saya membaca artikel îπî ,karna ingin †å‎​u bagaimnna Cara menanggulangi pacandu sabu.karna ada anggota keluarga saya sudah terjerumus.mohon info ňчǎ̜̍, .terima ќà§ΐђ

  85. hai gaizz aq tata, aku mw tanya tlong jwab ya, aq uda lama jd pemakai……… yg pastinya aq uda ketrgantungan dri salah stu jnis brang haram, uda bnyak cara yg aq lakuin, dari terapi sampe ngurungi diri di dalam rumah, tp smpe skrg pkiran untuk lagi dan lagi susah untuk di lawan, gmna ya ngatasi nya bro, tlong bantu ya bro,

  86. Aku mulai mengenal inex saat aku di bali. Mulai memakainya pda malam pergantian tahun baru 2010 dan sudah memakainya 5x …
    Dan skrg merasakan efek cepat tersinggung, sering demam, badan gemeteran, dan sakit pada tulang, serta yang paling sulit saya sering terkena panic attack atau anxiesta.. Nikmat sesaat dan sakit berpanjangan… Bagaimana mengembalikan itu smua??? Thanks

  87. bener tuchh…
    Jd yg pernh memakai narkoba cpt* berhnti….
    Jgn,sampai kalian menyesal di kemudian hari,,,

    oke.. ;-)

  88. kalau benar2 mau menghapus narkoba polisi harus jaga pegiriman nya lewat pesawat atau kapal air dengan ketat,,,,kasian generasi muda kita kalau terjerat narkoba…

  89. Sorry bro sis lw gw salah dalam comen ini. Tapi lw bagi gw cara mengentaskan mereka bukan direhab, tw di penjara. Krna gw pun pernah tenggelam didunia tu slama 4 tahun.
    Gw bisa bangkit/ terangkat dari jurang tu karna support dari keluarga gw, mereka yg gag ada lelahnya mbimbing gw biar berenti. Karna rata2 pemakai tu biasanya karna korban broken home (kaya gw), orang tua yg terlalu kejam kaya hitler, dan ada juga yg cuma ngikut trend. Jadi pesan gw. Lw ada keluarga yg ketahuan pecandu. Jangan sekali2 memojokkannya. Mereka butuh perlakuan yg berbeda. Maaf lw coment gw ada yg tersinggung. Tapi ini pengalaman gw pribadi. Trim’z sebelumnya,,,, assalamualaikum……

  90. Min tolong saya udah behnti total slama 2 bulan,tp pengaruh parno ya msah blom ilang dan jga raut wajah saya jg blom normal apalagi d liat dri mata,dan sya jg law berbicara sama orang tidak berni untuk mnatap mata ya,tolong min mnta solusi ya

  91. Gw da 5th mke inex+sabu,ganja jg p’nah seeh,. Tpi yg pling sring tu sabu,skrg gw da 1bln ga mke,efeknya jdi gmpang ngntuk,pngen’e tduran mulu,lemes bdan sering pgel2,tulng rsan’e ngilu smua,. Gmna ya gan cara b’sihin toxin2 dlm bdan gw,spya bs hdup norml kyak mnsia umumnya., pngen tobt gan gw,gw jg da mlai jauhin tmen2 gw yg dlu sring mke breng,..

  92. Maaf admin.. Saya mw bertanya nhe… Gimana cara agar tidak kecanduan sabu-sabu.. Soal.a tmn saya baru pertama kali memakainya.. Jadi saya takut jika dia menjadi kecanduan…
    Saya tunggu balasan.a d’e-mail saya.
    Terima kasih..

  93. Saya mau tanya..saat ini saya sedang menjalin hubungAn dengan salah satu pengguna sabu,dr awal dia jujur kalo pernAh dipenjara akibat sabu,dijalani selama 2,8 thn,tdnya dia bilang udah berhenti,ternyata msh pake…yg saya ingin tAu…apa pemakai sabu itu bisa berhenti total…bagaimana caranya……

  94. gimana ya cra nya berhenti in kecanduannya pacar,d kasi tau malah ngeyel+susah. ap d perlihatkan yatciri” pecandu d rumah dan d sekolah ini? tapi kalo dy gak percaya bagaimana? tolong kasi solusi

  95. bagi temen2yg sudh terlanjur terjerumus pd narkoba,jgn pernah putus asa untuk berhenti,walaupun sulit.yg penting ada niat dan kemauan ,dan bagi rekan2 yg blom terkontaminasi dgn narkoba,tlg bantu temen2 kita yg sudah terlanjur kecanduan narkoba,untuk memberikan motifasi,saran agar dapat meninggalkan barang haram tersebut.jgn mereka di ejek atau di hina,mereka adalah korban yg harus kita selamat kan.saya menyarankan agar segera tinggalkan yg berbau dgn narkoba,itu sangat merusak tubuh dan kejiwaan seseorang…tq..

  96. apakah ada cara untuk menghilangkan pengaruh / efek dr narkotik sesaat setelah memakainya ? misal : sy d cekokin obat bntuk ny sprti pil/tablet , sesaat setelah itu sy merasakan efeknya ( serperti halusinasi, ngomong nglantur & gak nyambung ) . sy ingin langsung menghilangkan efek nya saat itu juga , adakah cara untuk menghilangkan nya . pertanyaan ini sy rasa lebih tepat ditujukan kepada pemakai / mantan pemakai , krn bagi sy mreka adalah korban . penjahat sebenarnya adalah bandar, pengedar ,& oknum yg melindungi peredaran narkotik (orang2 yg mencari keuntungan dlm peredaran narkotik). sy mohon pencerahan nya . bisa kirim via email saja di joaneldean@gmail.com . terima kasih

  97. Akhu tya ku pny sepupu yang komsumsi ganja.. Dia udh kesringan memakai ganja .n ingtan jdi speerti orang tdk waras . Ku ingn sekali melihat dia lebih waras gi krn dia msh punya msa depan ku mw mntk bntuin bagaimna atasi orang yg udh keseringan memakai ganja n kembalikan daya ingat ny

  98. pemakai narkoba itu serba salah juga sih di satu sisi dia tau kalo make narkoba itu salah tapi di sisi lain dia juga kecanduan dan gak tau cara ngeberhentiin kecaduannya itu….jadi cara terbaik buat pecandu narkoba itu bukan di penjarain tapi kita taruh aja di pusat rehabilitasi terus diajarin deh cara buat hidup lebih berguna selesaikan semua jadi senang hahaha

  99. Saya mau bertanya sikit pak….
    Apa seh efek nya setelah kita berhenti menggunakan narkoba jenis sabu sabu ini?
    Dan bagaimana penyembuhannya untuk menuju hidup sehat??

  100. aq bekas pemakai dari th 91 sampai 2001 itu pun berhenti karena aq ada niatan dari diri sendiri, setelah 1 mggu gak pakai aq mulai gelisah , gampang marah dan menyendiri. Alasan aq berhenti pada waktu itu aq pakai ( putaw ) lama2 ini brg kok kayak setan, kalau lg sakaw bdn sakitnya minta ampun. Aq bepikir brg haram ini g bisa terus di biarin terlalu lama di pakai, maaf tmn2 aq punya 5 sohib 3 diantaranya telah meninggal karna od. dpt 2 mggu aq kena penyakit liver yg ama dokter di diagnosa gak ada obatnya dan menjalani perawatan selama 8 bln. setelah sembuh aq total g kosumsi narkoba dan merokok selama 1 th.setelah itu aq ganti pakai sabu2 , karena lingkungan mendukung untuk berbuat begitu.
    tapi skrg alhamdulillah saya udah tinggalin semua jenis narkoba dan saya bisa berkarya .
    intinya bagi pemakai kalau mau berhenti ada niatan dari diri sendiri, kalau omongan dari ortu, sahabat, pacar , saudara gak bakalan ngaruh apalagi org pecandu banyak bohongnya dari pada jujurnya, dan yg terpenting waspada terhadap lingkungan anda jg sampai terpengaruh.
    bagi pengguna yg belum sembuh jg putus asa , kalian pasti bisa keluar dari lingkaran setan asal ada niatan dari dalam hati anda.
    semoga tulisan saya berguna dan membantu saudara2 kita yg senasib……
    terima kasih.

  101. mau nanya gan . .. penguna narkoba ini dampak ke reproduksi gak ”air mani” gk bagus kah?//

    kalo udah lama gx pake,klo priksa darah apakah masih kelihatan klo pernah pakai, , ,kira” brp lama virus’a hilang dari darah klo di cek.
    makasih. . .mohon info’a??

  102. Saya ingin Tanya om , ganja itu bukan,y baik untuk kesehatan apa bener apa gk om ?
    Kabar yang saya dapat dari teman saya seperti itu , tolong minta penjelasan,y om ?
    Terima kasih

  103. Saya punya calon suami, dia juga seorang pecandu, entah jenis apa… Tapi kata teman2nya penggunaan barang itu dibakar menggunakan aluminium foil. Dia orangnya baik, rajin kerja, sopan, n pendiam (nggak banyak tingkah/overacting). Sebelum tahu dia itu pemakai, ortu suka n setuju. Tapi setelah ortu tau, murka banget… Ciri2 yg ada sih, pipinya tirus tapi badan tetap kekar, bibirnya nggak coklat, matanya jadi cekung, suka berkeringat, suka makan, trus sering influenza. Katanya kalo udah make dia jdi rajin n kuat kerja, kira” jenis apa ya yg di pake ??? 2 bulan lalu dia ngaku kalo make barang gituan tapi dia janji tuk berubah dan alhmdulillah saya lihat usaha dia.

  104. Cwok guaa pemakai shabu2 dan ganja :( tp Ğώ gaa tau dan g̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ prnh ngeliyat lngsung dy make , gw tau dri adek tiri ny cerita :( kpn dy make dan gmn nyirenin saat dy hbis mkai dan sesudah makai :( gw g̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ bisa bedain:( tlong y min

  105. saya mau bertanya, jika anak sudah 1 atau 2 kali menggunakan obat terlarang (tablet), apakah dia akan terus kecanduan? dan apakah efek sampingnya? jika ada, bagaimana cara mengatasinya? terima kasih.

  106. Gan ane mau curhat ni… Jd ada temen ane dulu nya dia pemake ganja n sabu… Klo 3 bln terkhir ini ane gak tau dia masih makai atau gak….. Ada temen bisnis dia nyari2 info tentang kehidupan dia…. Krn bagi temen bisnis nya ini gerak-gerik nya mencurigakan… Tekhir ane kasih tau masa lalu temen ane ini ke rekan bisnis dia, krn temen bisnis dia ini mau cut dia dr pekerjaan… Ane bilang memang dulu dia pemake tp sekrang gak tau ane bilang…. Klo pun dia msih makai bisa kita bimbing utk berubah…. Pada minggu pas minggu kmren rekan bisnis ane bilang ke temen ini bahawa dia pemake dan info nya dapet dr ane…. Dan hancur nya lagi di bilang ane jelekin2 dia…. Pas waktu jumoa kami bertiga utk mau lurusin semua nya rekan bisnis temen ane ini gak mau bilang tujuan kami pertama itu supaya dia gak make lgi…. Sekrang ane udah d anggap penghianat sama temen ane dan urusan kerja nya aman2 aja…… Inti nya rekan bisnis dia takut ngomong yg sejujur nya ke temen ane ini, jd nya ngomong nya d ada2 gitu gan….. Mohon bantu solusi gmn cara bilang supaya temen ane ini ngerti masud dan tujuan ane bagus dan bukan utk menjatuhkan dia…… Krn ane mersa gak nyaman gitu jd nya gak….. Trms

  107. Bagaimana cara supaya keluarga kita yg terlanjur pengguna bisa sembuh total?harus sy suruh keluar dr kantor nya kah?krn pengaruh nya datang dari tmn kantor nya..sangat susah d nasehati..tidak mengaku,dan keras kepala

  108. Suami sy pemakai sabu,setiap ketahuan g pernah mw ngaku,kami punya anak 2 org,itu g buat dy sadar 7 tahun kami berumah tangga,sblm menikah ternyata dy sudah jd pemakai sy baru tw setelah menikah.ada pikiran ingin berpisah karna dy g menghargai sy.mohon solusinya

  109. Adik saya uda berobat jalan tp efeknya dia malah jalannya kelihatan kaku dan lehernya kelihatan tegang, itu kenapa ya dok, dia keseringan tidur dan ga di kasih keluar

  110. Saya mau bercerita disini mengenai penderitaan yang saya alami akibat menggunakan narkoba.. Saya dulu sangat anti dengan yang namanya narkoba,walau lingkungan dimana saya tumbuh (sekolah) hampir semua teman-teman saya menjadi pecandu.
    Dulu saat SMP saya sempat ditawarkan menggunakan narkoba jenis putaw tapi saya tolak mentah-mentah.. Yang menawarkan kepada saya yaitu teman dekat saya sejak kecil..
    Mungkin dulu saya kuat untuk menolak semuanya,apalagi saya tidak punya uang berlebih seperti teman saya itu hingga dia bisa konsumsi tiap hari.. Tapi akhirnya suatu saat saya jatuh juga dulu..semenjak SMP..tapi bukan narkoba jenis putaw melainkan ganja.. Dari ganja saya beralih ke inex.. Setelah itu kokain /key.. Dan yang terakhir saya gunakan narkoba jenis shabu..sekitar 5 tahun yang lalu. Jujur saya selalu mencoba berhenti..tapi memang sesekali sempat jatuh dan jatuh kembali.. Semua karena pergaulan saya dengan teman dekat saya itu..
    Inilah penderitaan yang saya alami semenjak menggunakan shabu.. Saya bukan pemakai rutin dan sudah cukup lama saya tinggalkan narkoba shabu itu..,saya mencoba berhenti beberapa kali karena saya tau efek yang saya dapat setelahnya sungguh menyakitkan..
    Saya tidak tau apakah ini hanya sekedar halusinasi / memang kenyataan..saya merasa selama 5 tahun terakhir ini saya seperti dimata-matai oleh sekelompok orang. Mungkin mereka tau saya pemakai..tapi kasus yg saya alami ini sangat aneh..di saat saya sudah berhenti lama tapi saya merasa di monitor entah dgn alat apa tapi mereka bisa membaca pikiran saya,tahu apa yg sedang saya kerjakan,saya liat,saya bicarakan.. Mereka seringkali membahas apa pun aktifitas saya di rumah,seperti sengaja mencari masalah / menghasut” perang.. Mereka selalu membahas apa yg saya lakukan di dalam rumah,padahal mereka kan tidak ada di rumah saya..jadi mereka tau semua dr mana?
    Sampai detik ini saya bingung harus mencari kebenaran kemana? Apakah ini hanya efek panjang dr shabu waktu dulu? Atau memang saya ini jadi sasaran mata” oleh polisi yg menyuruh orang” tersebut untuk memantau gerak gerik saya? Tolong jika ada penjelasan mengenai ini semua,saya sangat berterima kasih.. Saya sudah cukup lelah 5 tahun saya terganggu hingga saya datangi psikiater beberapa kali..konsumsi obat anti depresan dan segala tapi tidak menolong sama sekali.. Lelah,cape hati,cape pikiran..mencari jawaban dr ini semua tapi nihil sampai sekarang.. Jika ada seseorang di luar sana bisa membantu saya,tolong lah.. Saya sudah berhenti total dari narkoba dan sudah lama saya tinggalkan.. Saya hanya ingin sembuh secara total baik mental dan rohani saya.. Thx before..

  111. Kpda bpak/ibu polisi yng terhormat kami ingin menyampaikan bahwa sekarang ini narkoba jenis sabu sudah sngat mnyebar di negara kita sangat gampang untuk mendapatkan nya, jdi kami sekeluarga minta tolong berharap agar pengawasan yng lebih baik lagi untuk mencegah narkoba jenis sabu masuk ke negara kita:

  112. sya punya kekasi dan sejak awal dia memang mengakui bahwa dia pernh pemake sabu2 dan dia bilang dia sudah berhenti make. tp entah knp sya masih ragu ! ! krna setiap x bertmu matanya sllu memerah dan bibirnya bwrna kehitaman.
    sya bingung harus bersikap seprti apa?
    bagamna cranya supaya sya dpt mengetahui bahwa kekasih saya benar2 sudah berhenti ?
    tolong kasih masukan buat saya. agar sya dpt mengetahui bhwa dia bnr2 sudh berhnti.

  113. aku mau curhat nih, aku baru 17thn, aku salah satu wanita pecandu . saya sangat ingin sekali berhenti mengkonsumsi barang tersebut tapi sangat sulit. brokenhome salah satu alasan saya mencari dunia saya sendiri dengan mengkonsumsi barang tersebut. berbagai cara sudah saya lakukan, hanya bertahan 1bulan saja hidup saya bersih dari narkoba tapi entah kenapa saya kembali mengkonsumsi obat itu lg. tolong dibantu ya gimana caranya supaya saya benar-benar berhenti jadi pemakai … :( help me please :(

  114. Perangi narkoba,selamatkan anak bangsa dari narkoba,untuk melahirkan anak bangsa yg bermoral,bermartabat dan religius,karena “narkoba perusak bangsa””NARKOBA SAMA DENGAN MATI”.

  115. ​ɑ̤̥̈̊к̲̣̣u sudah menikah Uϑªh 6taun,blm mempunyai àήàќ,suami saya îƫƱ Uϑªh kecanduan sabu sblm menikah,n ϐàяû ‎​‎​‎​‎​мαυυ setaun ni ‎​‎​‎​‎​мαυυ berhenti,tiba2 ϑΐɑ̤̈ mulai kecanduan lagi sejak rumah ibu SαƔa ditinggali n didpn άϑά penjual sabu ,la mulailah ϑΐɑ̤̈ make sabu lagi ,bagaimana supaya suami sy i§a sembuh dr sabu ,​ɑ̤̥̈̊к̲̣̣̥ü ingin ϑΐɑ̤̈ i§a sembuh Άƿά ngurangilah brg haram itu,

  116. Hum pcrku seorg pecndu shabu, aq kashan lhat dia slalu mengeluh kdinginan.
    Bgaimana cra mengobtinya?

  117. Aku pecandu usia ku 19 thn,aku kabur dari rumh karena aku gak betah ∂ĩ nasehat papa ku terus….smpe skrng aku gak pernh pulang ke rumh.aku ∂ĩ sini punya tmn 1 org nma nya novi dia slalu merawat ku,semua barang aku jual,stiap kiriman uang dari papa selalu aku hbis kn buat narkoba,aku bingung dalam keadaan aku seperti ini aku mrindu kn org tua aku wlau pun sering brkomuniksi tapi sering aku ingin berkumpul sprti dulu,tapi keadaan aku yg membuat aku gak bisa untuk plng,,aku sangat2x brgantungan tampa narkoba aku tidak bisa apa-apa..cukup ∂ĩ sini sbnr nya msih banyak yg ingin aku smpai kn ,aku mohon komentarkn sya siapa tau sya mnemukn jalan keluar nya

  118. Pak sy mau tny, gmn sih crnya membuktikan kl seseorg memakai ganja,kalo dia ditnya tp gx mau jujur, tp hp nya gx prnh ditggl sembarangan gt. Kmn2 slalu aj dibw, bhkan kekmr mndi pun dibawa jg. Gmn y cr mengetahuinya pak?

  119. Mau taxa…….sy nyoba pake obat berwarna putih dlam bentuk kapsul 5 biji,,,knpa kepala sy terasa berat dnt saraf saraf sy gch berfungsi…mohon pencerahannya spya bisa kembali seperty semula

  120. Apakah si penderita efek samping sabu2 yang bukan pecandu dapat normal kembali??
    Dan brpa lmaa efek samping itu berjalan??

  121. Trik untk stop sabu,,,1 tdur,2 jngan berfkr tntang enaknya sabu,3 jngan pegang uang lbh untk 1 bulan,4 sering2 olahraga pagi,5 sholat,,,insya allah stop,intinya kalok mw stop,kt harus brani ambil sikap dan kontrol diri, nb,byak2 minum daun sirih yg sudah di rebus

  122. ..Dr kelas 3 smp sya mengenal apa itu narkotika..Hingga akhirnya ..Sya terjerumus …Tp sya cuma memakai ds dan brhnty 2 taun..Pas sya kls 2 smk sya ..Suka memakai lg itu karena ..Sya tertekan..Oleh orang tua ..Org tua yang selalu jadiin sya sbgai musuhnya dlm keluarga..Sya sakit sedih suka nagis dikamar dan akhrnya sya make ..Buat nenangin hty sya tp sya bukan pecandu …Sya tkut kalo teru”n sya bisa kecanduan gmnh cra berhentinya..Tolong komen…Dan gimanah bisa betah dirumaah kalo sya di anggp musuh dirumah..sya ga betah suka kbur”n apa itu efek dr narkoba…Makasih

  123. Makasih banged dengan blog ini karena menambah pengetahuan ku tentang ciri-ciri pemakai narkoba,, karena aku sering bingung dengan sikap suami yang suka aneh dan ciri-cirinya masuk apda kategori sabu-sabu,,, aku cewek yang awam dengan hal begitu sedangkan dia ketika kambuh sikap anehnya ngk mau ngaku dia kenapa,,,, dengan keterangan ini buat ku semakin yakin kalau dia masih kecanduan narkoba tapi nggak jujur ma aku,,,, Tks 4 all ya ,,,

  124. nama saya ayu,
    saya memiliki teman seorang pecandu sabu-sabu, sudah 3 thn ini dy menggunakan barang haram tsb.
    selama ini dia selalu crta kepada saya,kalau dia ingin meninggalkan kebiasaan buruknya, setiap hari dia berusaha menahan diri untk tidak menggunakan barang tsb, namun ktka dia brusaha untk menjauh dri barang tsb, badan.a selalu meriang, panas,menggigil bahkan kadang dia pingsan.
    pertanyaan saya,
    bagaimana cara sederhana untk menghntkn kebiasaan buruknya dan bagaimana cara mengatur pola hidupnya agar tidak menjadi pecandu lagi?
    mohon solusinya :-)

  125. Ass.admin sy dlu suka memakai sabu2 enak awalnya aja stlah sdh lma pke sya jd gelisah persis apa yg keterangan d atas. Sy sudh 2 thn tdk mekomsumsi tp msi gelisah.gmn cara biar sy normal kembali

  126. Pacar saya pengguna shabu-shabu , hanya saja dri sekian penjelasan ada 1 yg tidak dicantumkan ,pacar saya malah kuat tidur dia sehari semlem bisa tidur tanpa terbangun , sudah dilaksnakan berbgai cara agar dia bangun tapi tidak ada hasil , saya bingung bawa dia untuk rehab atau lebih memilih saya yg merawatnya , bilamana saya yg merawatnya saya bingung apa yg hrs saya lakukan , mhn bantuannya

  127. saya pernah menggunakan ganja tapi udah berhenti. skarang saya mau masuk kuliah di uin dan disuruh test kesehatan. Apakah tanda2 pernah makai itu masih ada?

  128. mau curhat nihh,,,
    aku punya teman si A sahabat yg ku sayang dah hampir setahun aku kenal, A sering bilang kalau kepalanya sering pusing,, karena keseringan pusing aku bertanya pada A apa yg terjadi,, syok dan kaget ketika dia bilang pemakai narkoba,, itu di awali sejak A lulus sekolah 2010, A dapat barang itu dari teman ceweknya ygg sekarang di penjara,,, rasa sesal yg dalam, agustus 2013 A mencoba berhenti memakai barang haram itu sampai sekarang,namun yang A rasakan sampai sekarang adalah sakit, sakit dan sakit,, dan yang tau itu semua hanya aku, dan pacarnya,, sakit juga rasanya ketika lihat A merasa kesakitan,,, apakah mungkin A bisa kembali seperti biasa…? setelah hampir setahun A ngk memakainnya,,?

  129. Bagaimana cara menghadapi suami pencandu narkoba yang selalu menjual barang n tidak jujur n punya masa lalu buruk terhadap wanita. Apakah cenderung main wanita LG setelah nikah ?

  130. Min,akhir2 ini saya sering curiga sama mamah saya semenjak mamah punya kawan baru kamarnya itu bau asap sering hidupin lilin padahal gak mati lampu,kalo saya masuk jantung saya langsung sakit ngirupnya. Kemaren juga mamah mimisan sama batuk berdarah ,badan mamah jadi kurus bnget. Mohon sarannya yah , semoga aja bisa buat mama kayak dulu lg. Terima kasih

  131. Saya pria berusia 35thn. Sy menjadi pemakai sabu sejak 3 thn yg lalu. Semua terjadi karena perceraian saya. Setelah jauh dari anak n istri hidup sy terasa hampa. Saat hampa itulah sy mencoba nyabu yg ditawrkan oleh tmn saya. Sampai skr sy msh blm lepas dr itu….. Kalau pertama x sy pakai 1 minggu 1 x, skr bisa 3-4 kali dalam 1 minggu. Saya ingin sekali terlepas dari candu itu. Hidup sy yg uda berantakan skr jd makin berantakan. Bagaimana ya solusinya……..?

  132. bwt kawan2 semua teruma yg baca blog ini :
    jgan sekali kali punya rasa ingin mencoba sabu sabu biarpun hati n niat berkata kepengen coba sekali ini aja/ n g. mungkin kecanduan kalau coba sekali……….
    cz biarpun iman kita kuat.. lambat laun pasti kecanduan jg….
    yg penting kita bergaul netral..bersikap baik sama semua orang..tp harus didasari dngan Batasan Diri..berkomitmen tinggi n bepegang teguh..Dapat bisa menempatkan diri sesuai lingkungan situasi dan kondisi…….

    Karena q udah ngalami sendiri banyak hal kayak gtu tp alhamdulillah q masih bisa berfikir n sadar baik buruk akibatnya….. sampai akhirnya q bisa berhenti n sembuh dari ketergantunga dgn hal hal kayak gitu………………………………………..

    salam semuanya… @rek & Jember ¥$$$$$$$$$$$$$$$~~~~And terima kasih banyak atas blognya…………..

  133. Admin boleh nanya kan ,,,
    Apakah masih ada tanda kalau seorang pemakai narkoba 3 tahun lalu ,,,
    Kalau ada ciri” nya seperti apa ..??
    Dan ,, kalau memang belum berenti tanda nya apa ??

  134. akhir2 ini suami saya bersikap cukup aneh. Setiap hari dia keluar rumah pulang sangat malam. Dia tahan tidak tidur sampe 2 malam. Tapi begitu tidur bisa sampe 12 jam. Dia sdh tidak peduli sm rumah. Rumah sdh seperti hotel saja. sekitar 2 minggu yg lalu dia menuduh saya menyeret dia seperti kerbau sewaktu dia tidur pada malam hari. Saya sama sekali tidak tahu & tidak mengerti soal itu. Saya tanya kapan, dimana, dan sebagainya dia gak pernah jawab. Dia terus memaki2 saya dengan kata2 yg menyakitkan. Bahkan sampai detik ini dia membenci saya. Di semua sosial media dia pasang status bahwa saya sdh mendzolimi dia.
    Saya mulai berpikir kalo dia memakai narkoba. Karena tingkah dia sangat aneh. Dia pernah tidur di dapur. Abu rokok berhambur. Mangkok bekas dia makan dia taruh begitu aja diluar rumah. Saya awalnya ngira dia mabuk minum, tapi saya tdk mencium bau minuman. Dia bahkan memarahi saya sewaktu saya mengajak dia sholat.
    Yang ingin saya tanyakan : apakah suami saya berhalusinasi krn memakai narkoba?Seandainya memank iya, apakah halusinasi itu bisa trus diingatkannya hingga segitu lamanya?
    Sekian &Terima kasih banyak utk penjelasannya

  135. Saya pernah melihat isi hp suami saya yg menunjukkan kalau dy pengguna sabu2. Tapi kalau ditanya nanti dia marah krna lancang sy membuka hp nya. Bagaimana cara menjelaskannya?? Mohon jawaban trima kasih

  136. bagaimana carax mengobati orang yg ketergantungan pd sabu. saya tau suami saya termasuk k dlm ciri2 tersebut meski dia slalu mengelak. mohon saranx

  137. Yang jelaz hidup gue hancur gara2 main shabu2. barang laknat itu membuat saja masalah… hidup dengan dia pasti hidup dengan masalah yang hnya akn membuat hancur hdp kita…. Gue hampir 6 thn memakai..tiap hari memakai.. abiz sambung..abiz sambung….. apa yg ada. .hdp gue beneran ancur…mimpi2 gue smua hilang.. Sngguh mnyesal benar rasanya… Dan skrg gue brniat sngguh utk meninggalkanya dgn smua sakit effek nya….

  138. pacr sy pcndu nrkoba dn sy ingn dy brubh untx mngglkn obt hram it..alhmdullh iy bz brubh nmun stlh qt ptuz dy kmbli lg mmkai obt itu aq pngen dy bz ngglin obt it tp udh trlnjr dy jd pcandu…aq mhon mnta saranya

  139. Gimana cara buat anak yang baru” saja mencicipi barang haram seperti itu!!efeknya emang benar parahh bahkan orang tua pun gak da artinya !

  140. temen saya di sini sebagai kader dari BADAN NARKOTIKA NASIONAL (BNN) ,Jika anda punya teman,pacar, atau keluarga yang pecandu narkoba,, tolong kerja samanya,,, harap segera melapor… sekarang pecandu narkoba tidak lagi di penjara… tapi kami akan merehabilitasinya agar bisa sembuh dari obat obatan tersebut.,,, jangan kwatir masalah biayanya 100% gratis,,, kami butuh info dan kerja samanya untuk menyelamatkan generasi muda bangsa ini

  141. Saya punya suami pecandu sabu.saya selalu sabar menghadapi nya dari awal menikah hingga saya punya anak brumur 2 tahun skrg ini.sampai saat ini dia masih mengkonsumsi sabu-sabu.malah makin parah semakin tidak ingat dengan keluarga hanya fokus terhadap sabu-sabu tersebut.saya ingin sekali merubah nya.bagaimana y admin.saya ingin tahu aolusi seperti ap yg ccok untuk suami saya ini.terimakasih

  142. Gimana cara memghentikan seseorg yang sudah pernah mmkai narkotika sejenis sabu sabu,pemakaian aktif pernah dalam satu minggu full mengkonsumsi sabu sabu,, sampai sipemakai muntah kekuning kuningan ,,apakah ada efek pada organ tubuh.reproduksi seorg pemakai ini ,, dan ada kah penyakit bahaya yg mngancam kesehatan ,, sipengguna berjenis klamin laki laki ..trima kasih.

  143. Gimana cara memghentikan seseorg yang sudah pernah mmkai narkotika sejenis sabu sabu,pemakaian aktif pernah dalam satu minggu full mengkonsumsi sabu sabu,, sampai sipemakai muntah kekuning kuningan ,,apakah ada efek pada organ tubuh.reproduksi seorg pemakai ini ,, dan ada kah penyakit bahaya yg mngancam kesehatan ,, sipengguna berjenis klamin laki lakiih.

  144. Terimakasih banyak untuk infonya, ada lagi yang ingin saya tau, apakah pengguna shabu yg berkelanjutan bisa mempengaruhi kejiwaan si pemakai?

  145. suami ak sma seperti ciri” orv pemakai .. tpi ak selalu bertanya dengan baik” apakh dia pemakai atau bukan tp dia selalu gk pernah mau jawab .. gii mana sih cara yg mempan agar dia mau cerita

  146. Bagai mana cara kita mengobati saudara kita yg telah kecanduan sabu sabu mohon info nya..apakah ada obat nya buat mendetoksitasikan racun yg telah beredar ditubuh pemakai agar tidak memakai lagi mohon komfirmasi nya segera terimakasih

  147. saia ketergantungan obat penenang tapi saat in saia sudah brhnt cuma efeknya saia serg gelisah susah tidur&yng plg mengganggu serng ada pantulan2 suara bisikan dari alam bwah sadar saia bgimana cra mengatasinya.thanx

  148. Aku immha.. Aku punya pacar yg juga sudah kecanduan dgn yg nama.x sabu”… Aku mau dia jauhin barang haram itu… Dia jugaa pernah bilank kalo’ dia udah berhenti make’… Tapi aku masih ragu sama dia… Tolong downk berikan selusi.x buat berhenti’in dia… So aku sayang banget sama dia… Aku tdk mau dia kenapa” :(

  149. pesan saya silahkan tinggalkan jangan sampai menyesal dikemudian hari cari kegiatan2 yang membuat anda lupa. saran saya sih jujur sama ortu biar merasa plong dan mana tau bos ada solusinya stop mompa bro sebelum nyesel

  150. Sama seperti hasfira,,
    bedanya kk sy adalah penegak hukum. Dia bisa bebas mendapatkan shabu.
    selalu marah kalau ditanya, jarang kerja, tidak peduli sama keluarganya, dan selingkuh, pendekatan bagaimana yang baik untuk menghadapi pencandu?

  151. Salam kenal gue veren salah satu pengguna sabu2, gue sm cwo gue bukan pecandu gue jg kenal sabu2 dri cwo gue karna gue sering ada tugas kampus dn gue sering keteteran cwo gue ngash itu dan emang gue akuin gue ngerasa lbh pinter pas make kaya gtan cwo gue jg gt kalo ada tuntutan pekerjaan yg berlebih baru make tp jujur sebenernya gue pgen berhenti tp gmna caranya? Help me :(

  152. Sbelumnya maaf ea……!!!!!! Bagaimana cara untuk membuat agar pemakai Sabu bisa berhenti untuk menggunakan nya ??? Karna trus terang aza,suami saya sering memakai SABU & stelah menggunakanya sasaranya sama aku,,ga dkasih tidur..tahan sampai pagi main samaku berulang2,,,ringan tangan saat brsetubuh…Tolong kasih solusi pak,aq ga tahan lg. Trima kasih

  153. Gila yg berpikir+komen narkoba tu halal&bagus..
    Apa lu gk punya otak..
    Pecandu narkoba lbh syg sma teman2 nya bhkn brpikir spya ortu nya cpt mati aja..
    Mereka gk mw kerja..
    Untk beli narkoba mereka bkln maling..

  154. Min kalo lingkungannya semuannya make gimana carannya kita supaya dia gabergaul dengan orang yang make obat2an terlarang begitu?

  155. assalam.. bagai mana cara untuk mengatasi pengguna daun ganja itu..
    sya ad seorg buah hati dia seorg pngambil daun ganja..
    saya sw\edih akan sikap nya

  156. Pasangan saya pemakai shabu.. dia berhenti memakai setahun lalu,akhir” ini dia lebih sering emosional,tempramen,dan tak ingin disalahkan.itu bukan sifat nya
    Apa itu efek dari shabu?
    Jika iya,bagaimana cara menghilangkannya.

  157. apakah orang yang menggunakan Narkoba seperti sabu-sabu dapat menularkan virus atau penyakit terhadap keluarganya. terutama pada anak dan istrinya.? walau anak dan istrinya tidak menggunakan Narkoba?

  158. Bisa Karena Terbiasa,,Aku Membaca komentar yang katakan Semoga Pecandu Cepat mati,,dalam Pikiran Sensitif negatif,,,semua ada proses dan hambatan Dalam Menjalani nya,,ke kompakan dalam menghadapi musuh,,KERJA SAMA,,

  159. Temenku kemarin habis minum inek tp bukan pecandu cuma 1/2 trus paginya efek obat tersbut g ilang ilang.yg aku tanyakan gmn cara ngilangin efek dari inek/basian itu biar dia bisa kerja lagi.mksh

  160. Min Gmana cara mengatasi orng yg udah kecanduan.sabu??? Dan d realibitasi itu bagaimana ??? Apa d situ kita keluar biaya??? Dan klu orng nya gx mau di.ajak ke realibitasi Gmana ?? Terimakasih

  161. Pacar saya adalah seorang mantan pecandu, apakah suatu saat bisa kambuh? dan bagaimana cara mencegah agar dia tidak kambuh lagi nantinya.. terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s